img
Jelang Ramadhan 1445 H, Pemkab Sarolangun Kembali Gelar Operasi Gerakan Pangan Murah
  • BOB
  • February 19, 2024
  • Pengunjung (127)

SAROLANGUN - Pemerintah Kabupaten Sarolangun kembali menggelar Operasi Pasar Gerakan Pangan Murah (GPM) dan inspeksi mendadak (sidak) harga sembako di kawasan pasar atas Sarolangun, Kecamatan Sarolangun, pada Senin (19/02/2024), menjelang bulan suci Ramadhan 1445 Hijriyah/2024 Masehi yang tinggal tiga minggu lagi.

Dalam kegiatan operasi pasar murah tersebut, Pemerintah Kabupaten Sarolangun menjual sejumlah bahan pangan dengan harga terjangkau, antara lain Beras SPHP ukuran 5 kg seharga Rp 55 ribu, cabe merah Rp 45 ribu per kilogram, telur Rp 40 ribu per karpet, minyak goreng Rp 13 ribu per liter, dan bawang merah Rp 20 ribu per kilogram.

Penjabat Bupati Sarolangun, Dr. Ir. Bachril Bakri, M.App, Sc, turun langsung untuk melayani masyarakat dalam penjualan pangan murah tersebut, yang disambut dengan antusiasme. Selain itu, beliau juga melakukan sidak ke pasar atas Sarolangun untuk memantau harga sembako.

Dalam kesempatan tersebut, Bachril Bakri menjelaskan bahwa gerakan pangan murah dilakukan khusus untuk komoditas dengan tingkat Indeks Perkembangan Harga (IPH) tinggi, seperti cabe rawit, minyak curah, dan cabe merah. Hal ini dilakukan untuk mengembalikan harga ke level stabil dan sesuai dengan harga sebelumnya.

Diharapkan, kegiatan pangan murah tersebut dapat membantu menstabilkan harga di pasaran Sarolangun, terutama mengingat cuaca hujan yang cukup tinggi di wilayah tersebut, yang berdampak pada produksi pangan yang tidak optimal dan kenaikan harga. Bachril Bakri juga menyebutkan bahwa pihaknya akan terus memantau harga setiap hari dan turun tangan dengan operasi pasar murah jika harga mengalami lonjakan yang signifikan. (IKP-KOMINFO)