Dinas Kominfo Sarolangun Sukses Berikan Pendampingan dan Pelatihan e-Office di Dinas Kominfo Merangin.

  • Jumat, 02 April 2021 - 10:07:53 WIB
  • BOB
Dinas Kominfo Sarolangun Sukses Berikan Pendampingan dan Pelatihan e-Office di Dinas Kominfo Merangin.

Diskominfo Sarolangun - Kabupaten Merangin melalui Dinas Kominfo Kabupaten Merangin mengadakan Sosialisasi dan Bimtek Aplikasi e-Office SiMAYA dengan mengundang Narasumber dari Dinas Kominfo Kabupaten Sarolangun, yakni Medy Arizon HN, S.I.P dan Ardavid Itka, S.T., Kamis (01/04/2021).

Acara dibuka oleh Wakil Bupati Merangin H. Mashuri S.Pd., M.M.

Kadis Kominfo Kabupaten Merangin melaporkan penyelenggaraan sosialisasi dan bimtek e-Office adalah bagian dari upaya untuk mendukung dan mensukseskan RPJMD Kabupaten Merangin Mantap serta implementasi Perpres 95 tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Dalam pelaksanaannya, sosialisasi dan Bimtek Aplikasi e-Office dibagi dalam dua sesi, sesi pertama diisi dengan pelatihan pembuatan struktur dan alur persuratan yang disampaikan oleh Ardavid Itka, S.T., kemudian dilanjutkan simulasi penggunaan aplikasi e-Office SiMAYA yang disampaikan oleh Medy Arizon HN, S.I.P.

Pemakaian aplikasi SiMAYA akan menjadikan transaksi persuratan pada Pemerintah Daerah dapat berlangsung lebih efektif dan efisien.

Kendala besarnya penganggaran dana belanja ATK pada Pemerintah Daerah dapat diminimalisir dengan pemakaian aplikasi e-Office, resiko hilangnya dokumen arsip surat, serta kendala sulitnya komunikasi dengan pimpinan yang berada di luar kantor kantor bahkan di luar daerah sekalipun dapat diatasi dengan pemakaian e-Office selanjutnya pemakaian aplikasi ini juga dinilai cukup simple dan user friendly.

Proses transaksi persuratan dengan e-Office ini sama sekali tidak memakan waktu yang lama, karena semua alur dan tahapan persuratan sudah disediakan dalam aplikasi ini. Pemakaian aplikasi ini adalah jawaban untuk pelaksanaan administrasi pemerintahan yang terbebas dari banyaknya tumpukan kertas (paperless).

 Pemakaian e-Office merupakan suatu keharusan.
".. Kita berada pada era 4.0 dimana transformasi tekhnologi menjadi kunci dalam segala lini, sekarang ataupun nanti penerapan tekhnologi berbasis IT adalah suatu keharusan.." demikian disampaikan Medy Arizon HN, S.I.P saat mengakhiri pemaparannya.

Acara diakhiri dengan sesi tanya jawab,  meskipun ada beberapa pertanyaan yang disampaikan kepada narasumber namun secara keseluruhan penyampaian materi dan pengaplikasian aplikasi e-Office dapat dipahami secara baik oleh semua peserta Bimtek di Kabupaten Merangin.

Kegiatan sosialisasi dan bimtek ini ditutup oleh Kabid TIK Diskominfo Merangin Epri Darunanto yang juga sebagai penggagas suksesnya acara tersebut. (Diskominfo/Bob)

Sumber: Diskominfo Sarolangun
  • Jumat, 02 April 2021 - 10:07:53 WIB
  • BOB

Berita Terkait Lainnya