img
Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri Gelar Penanaman Perdana Padi Gogo Seluas 72 Hektar Di Kecamatan Bathin VIII
  • BOB
  • September 10, 2024
  • Pengunjung (189)

SAROLANGUN - Dalam upaya meningkatkan produksi padi di Kabupaten Sarolangun, Pemerintah Kabupaten Sarolangun mendorong masyarakat untuk menanam padi Gogo atau padi ladang di luar area persawahan. Bersama Kelompok Tani Mitra Jaya, Penjabat Bupati Sarolangun, Dr. Ir. Bachril Bakri, M.App, Sc, memimpin penanaman padi Gogo di Desa Pulau Melako, Kecamatan Bathin VIII, Selasa (10/09/2024).

Penanaman ini dilakukan dengan metode tradisional **Nugal**, yakni menggunakan kayu yang ujungnya lancip untuk membuat lubang di tanah sebelum menaburkan benih padi Gogo. Dalam kegiatan tersebut, turut hadir PJ Sekda Sarolangun Ir. Dedy Hendry, M.Si, Kadis TPHP Sarolangun Dulmuin, SP, dan masyarakat setempat.

Bachril Bakri menyampaikan bahwa penanaman padi Gogo ini dilakukan pada lahan seluas 72 hektar, yang merupakan area tanam sisip di antara tanaman kelapa sawit milik masyarakat. Dengan inisiatif ini, diharapkan akan terjadi peningkatan produksi padi di wilayah Sarolangun, yang berkontribusi pada ketahanan pangan serta pengendalian inflasi.

"Peningkatan luas tanam di luar areal persawahan bertujuan untuk meningkatkan produksi padi, sekaligus berperan dalam pengendalian inflasi melalui stabilisasi harga beras," kata Bachril Bakri. (IKP-KOMINFO)