img
Malam Final Cabang Tilawah MTQ ke-52 Provinsi Jambi Bertambah Khidmat dengan Penampilan Haflah Dewan Hakim
  • BOB
  • August 27, 2023
  • Pengunjung (384)

SAROLANGUN - Babak akhir Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-52 tingkat Provinsi Jambi di Kabupaten Sarolangun pada semua cabang lomba sudah terlaksana dengan lancar sejak pagi hingga malam, Minggu 27 Agustus 2023. Rangkaian Babak Final diakhiri dengan Final cabang lomba tilawah dewasa yang berlangsung hingga pukul 23.30 WIB dengan penampilan spektakuler para Finalis.

Foto: Penampilan Haflah Dewan Hakim

Pantauan media ini, malam final cabang tilawah bertambah Khidmat dengan penampilan Haflah Dewan Hakim, yaitu Dr. Hj. Nurhayati, M.Pdi Qori’ah Internasional, Dr. Ridwan Jalil, M. Pdi, H. Abdul Aziz (Qori internasional), H. Aji Marjuin, S.Ag, H. Najmi Akib, S. Ag, H. Jazuli, S.Ag, H. Abdullah Nuhung, M. Zubir, S. Pdi, M. Thoriw dan M. Amin, yang ditampilkan setelah penampilan finalis tilawah golongan remaja.

Lantunan ayat-ayat suci begitu membuat merinding, dan sesekali beberapa penonton yang menyaksikan Haflah Dewan Hakim menampakkan kekaguman saat mendengar ayat-ayat suci menggema dengan lantang di arena utama MTQ.

Foto: Abdullah Fikri, Finalis Cabang Tilawah Dewasa, Kafilah Kabupaten Sarolangun 

Hadir pada malam final cabang tilawah,  Tokoh masyarakat Sarolangun Dr. H. Maryadi Syarif yang merupakan Ketua MUI (Majelis Ulama Indonesia) Kabupaten Sarolangun, Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Jambi H. Zoztafia, S.Ag, M.Pd.I, Sekda Sarolangun Ir. Endang Abdul Naser, Kepala Kemenag Kabupaten Sarolangun HM. Syatar, Kasat Pol PP Muhammad Idrus, Kabag Umum Setda Sarolangun Murtoyo beserta pejabat lainnya dan para undangan.

Kepada media ini, Sekda Endang Abdul Naser mengungkapkan terimakasihnya kepada semua pihak yang telah membantu terselenggaranya semua cabang lomba pada MTQ ke-52 tingkat Provinsi ini yang berjalan lancar dan sukses.

“Alhamdulilah semua pertandingan sukses dan berjalan dengan lancar, terimakasih kepada semua pihak yg telah membantu terselenggaranya MTQ ke 52 Propinsi Jambi tahun 2023 di Sarolangun, walaupun dalam pelaksanaannya ada hambatan-hambatan kecil, tapi semua bisa diselesaikan oleh masing-masing penanggung jawab, yaitu OPD masing-masing,” kata Sekda Endang Abdul Naser.

Penampilan finalis tilawah golongan dewasa dimulai setelah penampilan Haflah Dewan Hakim. Media ini pun turut mengikuti beberapa penampilan finalis tilawah golongan dewasa dimulai dari finalis dengan nomor peserta 401, yang membaca surat Fushilat dimulai ayat 33, Halaman 433. Lantunan komposisi lagu Nahawan, Ros, Sika dan Jiharkah begitu menggema di arena utama MTQ.

Berikutnya Peserta Nomor 408 yang membaca surah Al-qashas dimulai ayat 61, halaman 356 dengan Komposisi lagu Bayati, Ros, Hijaz dan Jiharkah. Begitupun finalis dengan nomor peserta 437, membaca Surah As-Syura, ayat 20, halaman 438, dengan komposisi lagu; Bayati, Soba, Nahawan dan Ros.

Foto: Lutfiatunnisa, Finalis Cabang Tilawah Dewasa, Kafilah Kabupaten Sarolangun 

Penampilan finalis diteruskan dengan nomor peserta 438, membaca surat Ar-rum dimulai ayat 11 halaman 366 dengan komposisi lagu: Bayati, Soba, Nahawan dan Ros. Selanjutnya Finalis dengan nomor peserta 423, membaca surah Al-Mujadilah dimulai ayat 14 halaman 491 dengan komposisi lagu; Bayati, Soba, Hijaz dan Ros.
Penampilan Finalis tilawah dilanjutkan dengan nomor peserta 416, yang membaca surah Fathir, dimulai ayat 15, halaman 394
Komposisi lagu Bayati, Nahawan, Ros dan Sika.

Rasa khidmat begitu dalam dan syahdu saat terdengar ucapan kagum para penonton di ujung lantunan jawabul-jawab setiap lagu yang dibawakan finalis, para penonton terlihat spontan mengucapkan lafadz Allah.. Allah.. Allah, pertanda perasaan kagum atas skil yang dimiliki finalis. (*)