img
Hari Kedua, MTQ ke-52 tingkat Provinsi Jambi Berjalan Lancar
  • BOB
  • August 25, 2023
  • Pengunjung (333)

SAROLANGUN - Pada hari kedua, Jum’at 25 Agustus 2023, pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-52 tingkat Provinsi Jambi di Kabupaten Sarolangun berjalan lancar, walaupun banyak pihak menyebut pelaksanaan MTQ di hari pertama, Kamis 24 Agustus 2023 terdapat banyak kekurangan, namun MTQ tetap diselenggarakan.

Dari pantauan media di beberapa arena MTQ, Jum’at pagi, setiap agenda lomba berjalan baik. Seperti di Arena Utama yang berlokasi di lapangan Kantor Bupati Sarolangun dilangsungkan lomba Tilawah Remaja diikuti 15 peserta. Di Masjid Baiturrahman Sri Pelayang dilaksanakan lomba Barzanji-Marhaban dengan 4 regu dan di Masjid As-sulthon dilangsungkan lomba Tahfidz 20 Juz diikuti 22 peserta.

Pelaksanaan MTQ di hari kedua yang berjalan lancar ini dibenarkan H. Puadi, S.Ag sebagai PPK (Pejabat Pembuat Komitmen). Puadi menyebut apa-apa kekurangan pada hari sebelumnya dapat teratasi.

“Hari kedua MTQ ke-52 tingkat Provinsi Jambi di Sarolangun berjalan lancar. Apa- apa kekurangan pada hari pertama, pada hari kedua sudah bisa teratasi,” kata Puadi.

PPK yang juga Kabag Kesra Setda Kabupaten Sarolangun ini menambahkan,
Panitia akan terus berusaha memperbaiki apa yg menjadi kekurangan seperti yang terjadi pada hari pertama. Ia berharap hingga MTQ berakhir, seluruh agenda kegiatan MTQ dapat berjalan sebagaimana yang diharapkan bersama.

“Panitia berusaha memperbaiki apa yg menjadi kekurangan pada hari pertama. Mudah-mudahan sampai berakhir seluruh agenda kegiatan MTQ dapat berjalan sebagai mana yang kita harapkan,” ungkapnya.

Untuk diketahui, walau terdapat beberapa kekurangan pada hari pertama, di arena utama telah dilaksanakan MTQ Cabang Tilawah Remaja dengan menampilkan 15 Qory-qory’ah terdiri 8 Qory’ah dan 7 Qory. Sebelum penampilan peserta terlebih dahulu Ketua Dewan Hakim merangkap anggota Dr. Hj. Nurhayati, S.Pdi, M.Pdi membacakan tata tertib atau peraturan lomba yang wajib dipatuhi setiap peserta.

Adapun pelaksanaan MTQ pada hari pertama secara rinci dapat disampaikan sebagai berikut:
Pada waktu menjelang pukul 12.00 WIB; Masjid Nurul Huda Kelurahan Dusun Sarolangun lomba Qiraatul Qur’an Mujawwad Dewasa 12 peserta, Masjid Al-Muttaqin Tugu Hijau Sarkam lomba Tartil Qur’an 22 peserta,  Masjid Baiturrahman Sri Pelayang Sarkam, lomba Barzanji-Marhaban, diikuti 4 regu. Selanjutnya Masjid Al-Falah Pasar Sarolangun lomba Tahfids 1 Juz dan Tilawah, diikuti 12 peserta, Masjid As-sulthon lomba Tahfids 10 Juz yang diikuti 22 peserta.

Pada waktu bersamaan dilaksanakan lomba Tafsir Bahasa Indonesia di Masjid Al-Istiqomah, Dusun Sarolangun diikuti  22 peserta. Di Aula kantor Bappeda dilaksanakan Fahmil Qur’an dengan peserta 11 regu, dan di Sarolangun Sport Center, Khat Al-Qur’an, golongan Naskah diikuti 22 peserta dan golongan Hiasan Mazhab diikuti 22 peserta, Aula kantor DPRD, lomba KTIQ diikuti 22 peserta, Masjid Muhajirin dilaksanakan lomba Hafalan 100 hadist dengan sanad yang diikuti 22 peserta.

Setelah istirahat siang, acara MTQ diilanjutkan pada pukul 14.00 hingga 17.00 WIB, yaitu di Masjid Nurul Huda Kelurahan Dusun Sarolangun, lomba Qiraatul Qur’an Dewasa dengan 10 peserta. Masjid Al-Muttaqin Tugu Hijau lomba Tilawah Anak- anak, diikuti 16 peserta,  Masjid Baiturrahman Sri Pelayang Sarkam, lomba Barzanji Marhaban, diikuti 4 peserta.
Masjid Al-Falah Pasar Sarolangun, dilaksanakan lomba Tahfidz 5 Juz dan Tilawah, diikuti 8 peserta.

Seterusnya, di Masjid As-sulthon dilanjutkan lomba Tahfidz 10 Juz, Masjid Al-Istiqomah dilanjutkan lomba Tafsir Bahasa Indonesia. Aula kantor Bappeda dilangsungkan lomba Syarhil Qur’an, diikuti 8 regu. Bersamaan dengan itu juga dilangsungkan lomba Khattil Qur’an, KTIQ dan Hafalan 100 hadist dengan sanad (lanjutan) di tempat lomba masing-masing. Pada malam harinya dimulai pukul 20.00 WIB di arena utama dilaksanakan lomba Tilawah dewasa dengan 15 peserta.

Puadi menyebut, hingga pelaksanaan MTQ hari ini merupakan babak penyisihan yang diikuti oleh kafilah 11 Kabupaten dan Kota, imformasi tentang pelaksanaan MTQ ke-52 tingkat Provinsi Jambi akan terus disampaikan kepada masyarakat hingga penutupan MTQ.

Sesuai jadwal yang telah ditetapkan, di hari kedua ini, usai istirahat siang dilanjutkan dengan pelaksanaan 11 agenda MTQ, diantaranya di masjid Al-Muttaqin Tugu Hijau Tilawah Anak-anak dengan 12 peserta,   di masjid Al-Falah lomba Tahfidz 5 Juz dan Tilawah dan di masjid As-sulthon dilanjutkan lomba Tahfidz 20 Juz. Dan pada pukul 20.00 WIB hingga selesai, di Arena Utama Kantor Bupati Sarolangun dilaksanakan lomba Tilawah Dewasa dengan 15 peserta. (*)