Bupati Cek Endra Sambut Kunker Pertama Kajati Jambi Sapta Subrata Ke Sarolangun

  • Jumat, 24 September 2021 - 10:35:32 WIB
  • BOB
Bupati Cek Endra Sambut Kunker Pertama Kajati Jambi Sapta Subrata Ke Sarolangun

SAROLANGUN - Bupati Sarolangun Drs H Cek Endra menyambut kedatangan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Jambi Sapta Subrata, SH beserta istri Ny Lilik Sapta Subrata dan rombongan ke Wilayah Kabupaten Sarolangun, Kamis (23/09/2021).

Kunker Kajati Jambi ini berlangsung di Kantor Kejaksaan Negeri Sarolangun yang juga turut disambut oleh Wakil Bupati Sarolangun H Hillalatil Badri, Kajari Sarolangun Bobby Ruswin, SH, Ketua PKK Sarolangun Ny Hj Rosita Endra beserta wakil Ketua PKK Ny Lili Suriani Hilal, beserta sejumlah pejabat di kejaksaan negeri sarolangun.

Bupati Sarolangun Cek Endra mengucapkan terima kasih atas  kedatangan Kajati Jambi ini ke Sarolangun dalam rangka memotivasi para jaksa di Kejari Sarolangun untuk dapat bekerja dengan baik.

Cek Endra juga bilang, bahwa pihaknya diminta untuk fokus dalam penanganan dan pencegahan wabah virus Corona di Kabupaten Sarolangun.

“Ya hari ini kunker pertama beliau di Sarolangun. Kami diundang untuk menyambut di Kejari Sarolangun. Tadi saya bicara dengan beliau bagaimana penanganan covid-19 di Sarolangun,” katanya.

Cek Endra juga menjelaskan bahwa di masa pandemi covid-19 ini juga pihaknya diminta untuk konsentrasi dalam penyerangan anggapan.

Khususnya untuk insentif tenaga kesehatan, bantuan alat pertanian kepada petani, pengadaan alat-alat kesehatan dan bantuan langsung tunai dari dana desa pemerintah pusat.

“Pak Kajati ini konsentrasi terhadap penyerapan anggaran. Bahwa kita tahu di Sarolangun untuk Insentif tenaga kesehatan sudah selesai dan tadi kita menyerahkan bantuan kepada petani. Kemudian serapan bantuan dana desa  itu agak terhambat karena di sarolangun ada 53 desa yang ikut Pilkades sehingga serah terima dari kades yang lama ke kades yang baru membutuhkan waktu. Proses sehingga terhambat serapan bantuan langsung dana desa,” katanya.

“Yang lain tidak ada kendala, sekarang kita dalam proses pembelahan alat mesin generator oksigen dan penyiapan ruang isolasi di RSUD Sarolangun. Kemudian alat PCR yang dibantu oleh bapak gubernur. Kita juga lagi mempersiapkan ruangan dan pelatihan tenaga kesehatan kita dalam rangka penggunaan alat PCR,” kata dia menambahkan.

Sementara itu, Kajati Jambi Sapta Subrata mengatakan kunjungan kerja tersebut tentunya untuk melihat langsung kondisi kejaksanaan negeri Sarolangun saat ini.

Menurutnya, tentu semua Adhiyaksa yang ada di kejaksaan negeri yang ada di tiap daerah dalam provinsi Jambi ini agar dapat bekerja dengan baik dan sesuai dengan standar operasional (SOP) dan meningkatkan pelayanan prima kepada masyarakat.

“Saya ini kajati baru. Jadi tentunya harus memastikan bisa mengunjungi adik-adik saya yang ada di daerah. Kemarin saya mengunjungi Tebo lalu ke Sarolangun, dan saya mengingatkan agar anggota saya di Sarolangun selalu bekerja dengan baik dan sesuai dengan SOP yang berlaku,” katanya.

Pelayanan prima itu salah satunya pelayanan khusus layanan tilang, STNK dan SIM yang diajukan oleh masyarakat apalagi Kejari juga memiliki program WBK (Wilayah Bersih Melayani).

Selain itu, Kajati Jambi ini juga meminta seluruh Forkompinda Kabupaten Sarolangun untuk dapat bekerja dengan baik dan profesional dalam rangka percepatan penanganan dan kencegahan covid-19 dengan melaksanakan vaksinasi covid-19.

“Tentu kita harapkan, kalau Sarolangun kita evaluasi. Vaksinasinya masih kurang dibawah rata-rata nasional. Maka kita minta agar Kejari Sarolangun proaktif untuk melaksanakan vaksinasi ini, konsentrasinya harus ditingkatkan,” katanya.

“Vaksin itu perlu, karena belum ada obatnya. Kemudian kita masih kurang Test, Tracing dan treatment (3 T). Kemudian PCR yang dibantu di Sarolangun tolong untuk digunakan, semakin banyak yang ditest maka akan bisa menemukan data yang valid, karena tadi 3 T nya kurang, Mudah-mudahan pelaksanaan vaksin di Sarolangun bisa optimal yang dilaksanakan oleh Forkompinda Sarolangun,” kata dia menambahkan.

Untuk penyerapan anggaran, lanjut Kajati. Bahwa pihaknya pada intinya akan membantu pemerintah daerah agar bisa mencairkan anggaran terutana Bidang PSU.

“Memang kita minta Kajari membentuk posko, kita membantu pemerintah daerah bisa mencairkan anggaran terutama untuk bansos, pengadaan alat kesehatan, obat-obatan,” katanya.

“Jadi kita akan dampingi terus sesuai dengan aturan Undang-undang nomor 02 tahun 2020 tentang pengelolaan keuangan daerah karena terus sekarang ini kan pandemi, sehingga pemerintah membuat regulasi itu untuk mempermudah pemerintah daerah dalam merealisasikan keuangan karena kalau tidak terealisasi masyarakat yang terdampak,” kata dia menambahkan.

Kajati Jambi Sapta Subrata juga melakukan pengecekan kondisi kantor kejaksaan negeri Sarolangun, mulai dari ruangan barang bukti, ruangan layanan tilang, STNK dan tim serta sejumlah ruangan pelayanan lainnya.

  • Jumat, 24 September 2021 - 10:35:32 WIB
  • BOB

Berita Terkait Lainnya