img
Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 Di Sarolangun Berlangsung Sukses
  • BOB
  • June 03, 2024
  • Pengunjung (240)

SAROLANGUN - Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2024 di Kabupaten Sarolangun berlangsung sukses pada Senin, 3 Juni 2024, di Lapangan Gunung Kembang, Komplek Perkantoran Bupati Sarolangun. Upacara ini dipimpin oleh Penjabat Bupati Sarolangun Dr. Ir. Bachril Bakri, M.App, Sc sebagai Inspektur Upacara (Irup).

Dalam upacara ini, hadir Plh Sekda Sarolangun Ir. Dedy Hendry, M.Si, Kapolres Sarolangun AKBP Budi Prasetya, S.IK, M.Si, Pabung Kodim 0420/Sarko Mayor CHK Dedy Afrizal, SH, MH, para asisten dan staf ahli Bupati, kepala OPD di lingkungan Pemkab Sarolangun, Kakan Kesbangpol Sarolangun Hudri, M.Pd.I, Danramil 420-04 Sarolangun Mayor Inf Abdul Aziz, serta pengurus PPI Sarolangun. Upacara ini juga diikuti oleh PNS, TNI, Polri, anggota Paskibraka, Dishub, Satpol PP, Damkar, PMI, dan tenaga kesehatan.

Dalam pidatonya, Bachril Bakri membacakan amanat dari Kepala BPIP Republik Indonesia, menyampaikan bahwa tanggal 1 Juni 2024 diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila, hari ketika Bung Karno pertama kali memperkenalkan Pancasila pada tahun 1945. Tema peringatan tahun ini adalah “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”, yang menekankan peran Pancasila dalam menyatukan bangsa menuju 100 tahun Indonesia yang maju, mandiri, dan berdaulat.

Bachril Bakri menggarisbawahi pentingnya Pancasila sebagai anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa, yang menjunjung tinggi nilai-nilai inklusivitas, toleransi, dan gotong royong. Ia mengajak semua komponen bangsa untuk membumikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, sebagai dasar yang mampu mempersatukan bangsa dalam menghadapi berbagai tantangan dan ujian sejarah.

Sebagai bintang penuntun, Pancasila harus terus dijadikan panduan dalam era globalisasi dan kemajuan teknologi informasi. Bachril Bakri menekankan perlunya keteladanan dari para pemimpin dan rakyat Indonesia yang mencerminkan etika, integritas, dan karakter berlandaskan Pancasila. Ia juga mengingatkan tentang tantangan perkembangan situasi global dan kemajuan teknologi komunikasi, yang harus disikapi dengan bijak agar tidak menyebabkan disorientasi di masa depan.

Bachril Bakri mengajak seluruh komponen bangsa untuk menggunakan teknologi informasi dengan bijaksana dan menyebarkan konten positif yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila. Dia menekankan pentingnya mengarusutamakan Pancasila dengan metode kekinian dalam menyongsong bonus demografi yang akan melibatkan kaum milenial dan Gen-Z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa.

Dalam penutup pidatonya, Bachril Bakri mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama merawat anugerah Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila. Ia berharap semangat Pancasila terus menginspirasi semua orang untuk mengamalkan nilai-nilai Pancasila demi Indonesia yang maju, adil, makmur, dan berwibawa di kancah dunia.

Pada kegiatan tersebut, Penjabat Bupati Sarolangun juga memberikan penghargaan kepada PPI Sarolangun dan anggota Paskibraka Kabupaten Sarolangun tahun 2023, serta berfoto bersama jajaran forkopimda, PPI Sarolangun, dan anggota Paskibraka. (IKP-KOMINFO)