img
Tekan Harga Cabe, Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri Lakukan Gerakan Aksi Tanam Cabe Bersama Poktan Danau Beringin
  • BOB
  • December 06, 2023
  • Pengunjung (193)

SAROLANGUN - Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc, bersama jajaran forkompinda Sarolangun melaksanakan kegiatan Gerakan Tanam Cepat panen pada tanaman cabe merah di kelompok tani Danau Beringin, Desa Ujung Tanjung, Kecamatan Sarolangun, Rabu (06/12/2023).

Kegiatan tersebut tampak dihadiri Kadis TPHP Sarolangun Ir Dedy Hendry, M.Si, Danramil 420-04 Sarolangun Mayor Inf Abdul Aziz, Kapolsek Sarolangun Iptu Dwiyatno, SH, Camat Sarolangun Bustra Desman, SE, MM, Kades Ujung Tanjung Ahmad Zaki, Penyuluh Pertanian Lapangan, Kelompok Tani dan Masyarakat setempat.

Dalam kegiatan tersebut, Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri mengatakan Gerakan aksi tanam cepat panen pada tanaman cabe merah ini dilaksanakan di atas lahan 0,5 hektar lebih yang diharapkan nantinya bisa panen cabe merah dalam rangka memenuhi kebutuhan cabe di wilayah Kecamatan Sarolangun.

” Kita bersama forkompinda melaksanakan gerakan tanam cepat panen pada tanaman cabe merah, penanaman cabe ini akan panen dalam dua sampai tiga bulan kedepan, dan bisa memenuhi kebutuhan cabe di kecamatan Sarolangun,” katanya.

Poto bersama

Bachril Bakri juga menjelaskan bahwa harga cabe di Kabupaten Sarolangun juga saat ini masih tergolong relatif tinggi bahkan hingga dua sampai tiga bulan kedepan. Maka diharapkan nantinya setelah panen cabe yang diperkirakan tiga bulan ini bisa mempengaruhi harga cabe.

” Kita mengantisipasi karena harga cabe akan tetap baik sampai dua sampai tiga bulan kedepan, maka dengan kegiatan ini bisa menekan harga cabe sehingga tidak terjadi inflasi daerah,” katanya.

Selain itu, Bachril Bakri juga menghimbau kepada masyarakat untuk turut melakukan gerakan tanam cepat panen pada cabe, setidaknya memanfaatkan pekarangan rumah dengan menanam cabe dalam memenuhi kebutuhan rumah tangga.

” Tentu agar bisa di contoh oleh masyarakat, menanam cabe di pekarangan rumah, karena harga cabe sedang tinggi bukan hanya di sarolangun tapi di daerah lain di Indonesia. Berdasarkan hasil rapat koordinasi kemarin, cabe merah, cabe rawit, beras dan gula, itu tinggi sekarang kondisinya,” katanya.

Penyerahan bantuan bibit cabe kepada kelompok tani

Dalam kegiatan tersebut, Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri beserta jajaran forkompinda Sarolangun juga melakukan dialog bersama kelompok tani dan dibarengi dengan penyerahan bibit cabe kepada para petani. (IKP-KOMINFO)