img
Tanam Padi Sawah Di Bukit Suban, Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri Sebut Produksi Tembus 7 Ton Perhektar
  • BOB
  • February 04, 2024
  • Pengunjung (243)

SAROLANGUN - Dalam kunjungan kerja ke wilayah Kecamatan Air Hitam, Penjabat Bupati Sarolangun, Dr. Ir. Bachril Bakri, M.App, Sc, melakukan penanaman padi sawah di Desa Bukit Suban pada Minggu (04/02/2024).

Dalam kegiatan tersebut, turut hadir Plt Sekretaris Dinas TPHP Sarolangun, Zamromi, Plt Kadis Ketahanan Pangan, H. Muhammad, Kadis Sosial Sarolangun, Helmi, SH, MH, Camat Air Hitam, Herjino Edison, Kades Bukit Suban, Muhammad Ramli, para penyuluh pertanian, dan kelompok tani.

Kades Bukit Suban, Muhammad Ramli, menyatakan bahwa areal persawahan padi ini baru mulai dioperasikan, karena sebelumnya selama delapan bulan mengalami kegagalan akibat cuaca. Dia berharap agar lahan persawahan ini berhasil hingga panen nanti.

Camat Air Hitam, Herjino Edison, menyampaikan terima kasih atas motivasi yang diberikan oleh PJ Bupati Sarolangun dalam memompa semangat petani untuk memanfaatkan lahan persawahan di wilayahnya. Dengan bantuan dan semangat tersebut, diharapkan produksi padi bisa maksimal.

PJ Bupati Sarolangun, Bachril Bakri, menyatakan bahwa penanaman padi sawah saat ini sudah mulai dilakukan oleh para petani di Sarolangun, khususnya di wilayah Kecamatan Air Hitam. Langkah ini diharapkan dapat menghasilkan produksi padi untuk memenuhi kebutuhan beras di wilayah tersebut serta mengendalikan inflasi dan harga beras di pasar.

"Saya bersama OPD dan camat, di kecamatan Air Hitam melakukan penanaman padi sawah di lahan seluas 10 hektar. Produksi perkiraan 6-8 ton perhektar, dan jika rata-rata 7 ton, maka produksi total mencapai 70 ton. Mudah-mudahan ini dapat mengendalikan inflasi di kecamatan Air Hitam," ujarnya.

Bachril Bakri juga menghimbau kepada para kepala desa dan camat untuk melaksanakan program ketahanan pangan dengan menanam padi sawah, cabe, cabe rawit, dan bawang merah untuk mencapai kemandirian pangan di Kabupaten Sarolangun. (IKP-KOMINFO)