img
Sukseskan Pemilu 2024, PJ Bupati Bachril Bakri Jemput Bola Bagi Pemilih Pemula Yang Belum Punya e-KTP

4.274 Pemilih Pemula Belum Punya e-KTP

SAROLANGUN - Dalam rangka mensukseskan Pemilu serentak tahun 2024 Mendatang, Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc melakukan jemput bola yang turun langsung untuk mengajak kalangan pemilih pemula untuk mendapatkan KTP Elektronik sebagai salah satu syarat dalam menggunakan hak suara pada pemilu 2024, Rabu (26/07/2023) di Gedung Serbaguna, Desa Sungai Baung, Kecamatan Sarolangun.

Kegiatan tersebut dihadiri Ketua KPUD Sarolangun Ahmad Mujaddid, S.Pd.I, Kadis Dukcapil Sarolangun Riduan, S.STP, ME, Kadis Kominfo Sarolangun H Ahmad Nasri, SH, Komisioner KPU Sarolangun (Yuliana, Edi Zamra), Camat Sarolangun Bustra Desman, SE, MM, Babhinktibmas, Babinsa Desa Sungai Baung, Pemerintah Desa Sungai Baung, Pemuda dan pemudi Pemilih pemula serta tim perekaman KTP.

Dalam laporannya, Kadis Dukcapil Sarolangun Riduan mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan kerja sama antara dinas dukcapil, KPU Sarolangun, Pemerintah Kecamatan dan Pemerintah Desa serta pihak terkait, dalam rangka mensukseskan pemilu 2024.

Saat ini Masyarakat Kabupaten Sarolangun khususnya kalangan pemilih pemula banuak yang belum melaksanakan kegiatan perekaman e-KTP.

" Di Kabupaten Sarolangun sebanyak 4.274 terdapat yang belum memiliki KTP elektronik, ini wajib kita rekam untuk mendapatkan KTP, karena di aturan itu tidak dapat melaksanakan hak memilih jika tidak memiliki KTP elektronik. Sejak bulan Juni yang lalu sudah kita mulai kegiatan pelayanan keliling administrasi kependudukan ini," katanya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua KPU Sarolangun Ahmad Mujaddid mengatakan bahwa memang saat ini setelah penetapan Daptar Pemilih Tetap (DPT) Kabupaten Sarolangun pada tanggal 23 Juni 2023 lalu ada pemilih Yang sudah terdaftar dalam DPT tapi belum memiliki KTP Elektronik yakni dari kalangan Pemilih Pemula, sehingga dilakukan kegiatan jemput bola dengan kerja sama lintas sektoral untuk memudahkan masyarakat mendapatkan KTP Elektronik.

" Peserta pemilu 2024 termasuk seluruh masyarakat Indonesia, ini menjadi tanggung jawab kita bersama, bukan semata-mata tanggung jawab KPU.  Adik-adik nanti menggunakan hak suaranya secara tidak langsung telah berpartisipasi dalam mensukseskan pemilu serentak 2024. Jika tidak menggunakan hak pilih, bagaimana tanggungjawab kita terhadap bangsa dan negara kita sendiri," katanya.

Sementara itu, PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri mengucapkan terima kasih kepada Dinas Dukcapil Sarolangun dan Ketua KPU Sarolangun beserta jajaran dalam rangka pelaksanaan kegiatan ini sehingga dapat berjalan dengan lancar.

Melalui kegiatan ini tentu sangat bermanfaat sekali bagi masyarakat khususnya kalangan pemilih pemula untuk bisa mengurus administrasi kependudukan berupa KTP elektronik.

" KTP gratis bapak dan ibu sekalian dan tidak lama, cepat. dimana program ini adalah khususnya bagi pemilih pemula atas kerja sama antara Dinas Dukcapil dengan KPU Sarolangun dan pemerintah kecamatan dan desa," katanya.

Saat ini, kata Bachril, Jumlah Penduduk Kabupaten Sarolangun ada sebanyak 300.460 jiwa yang tersebar di 11 Kecamatan, dan paling padat di Kecamatan Sarolangun dimana lebih dari 30 persen ada di Kecamatan Sarolangun yakni 58.701 jiwa.

Dari jumlah penduduk tersebut, ada sebanyak 210.089 jiwa wajib e-KTP di Kabupaten Sarolangun dan sementara di Kecamatan Saroalmgun wajib e-KTP sebanyak 40.443 dari 58.701 jiwa

" Pemilih itu adalah hak, siapa nanti yang dipilih itu adalah keinginan dari masyarakat itu sendiri, harus ikut memilih jangan sampai tidak ikut karena suara itu sangat oentihg dalam menentukan arah bangsa. Bagi adik-adik yang mau sekolah lanjutan juga perlu KTP, dan KTP itu selain tanda pengenal juga sebagai alat kegiatan transaksi yang diperlukan," katanya.

Bachril Bakri juga mengatakan memang ada  4.274 warga dari kalangan pemilih pemula yang masuk dalam DPT tapi belum punya e-KTP, dan tentunya menjelang pelaksanaan pemilu serentak pada 14 Februari 2024 Mendatang, seluruh pemilih pemula tersebut telah memiliki KTP sebagai syarat untuk dapat menggunakan hak suaranya.

" Tentu ini memudahkan adik-adik untuk mengurus KPT elektronik, dengan mendaftar langsung merekam dan kemudian langsung di cetak KTP elektroniknya. Target kita hari ini adalah sebanyak 100 orang, yang berlangsung dari pagi sampai sore hari ini, jadi bagi yang belum memiliki KTP elektronik agar disampaikan untuk datang ke gedung serba guna Desa Sungai Baung ini," katanya.

Dalam kegiatan tersebut, PJ Bupati Bachril Bakri juga menyerahkan secara simbolis berupa dokumen kependudukan kepada masyarakat dan melihat langsung perekaman e-KTP bagi masyarakat dan kalangan pemilih pemula serta kalangan disabilitas, yang diakhiri dengan poto bersama. (IKP-DISKOMINFO)