SOSIALISASI EVALUASI SISTEM PEMERINTAHAN BERBASIS ELEKTRONIK KAB. SAROLANGUN

Kabupaten Sarolangun tahun 2020 ini terpilih menjadi salah satu lokus evaluasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Evaluasi ini melibatkan 130 Instansi Pemerintah, baik Kementerian, Lembaga dan Pemerintah Daerah.

Evaluasi SPBE yang telah dilaksanakan sejak tahun 2018 ini diinisiasi oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) dengan menggandeng BSSN, beberapa lembaga tinggi negara, serta melibatkan 6 (enam) perguruan tinggi, yakni Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Telkom University, Universitas Gunadharma, dan Institut Teknologi Sepuluh November.

Sebelum dilakukan Evaluasi Mandiri tahun ini, semua peserta mengikuti sosialisasi mengenai pelaksanaan Evaluasi SPBE. Sosialisasi dan Bimtek dilakukan secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting selama 2 hari pada 13 Juli s.d 14 Juli 2020. Masing-masing peserta dibagi menjadi beberapa kelompok untuk memudahkan pemaparan sosialisasi dan bimtek.

Sosialisai melalui daring ini diikuti oleh oleh Staf Ahli Bupati Drs. Kholidi, Kadis Kominfo dan 12 OPD yang terkait dalam evaluasi SPBE, serta melibatkan Pejabat atau staf yang mengelola administrasi pemerintahan di Kabupaten Sarolangun.

Sosialisasi SPBE ini dibuka oleh Deputi bidang Kelembagaan dan Tata Laksana Kementerian PANRB Rini Widyantini.

Evaluasi SPBE ini merupakan proses penilaian terhadap pelaksanaan SPBE di Instansi Pemerintah untuk menghasilkan suatu nilai Indeks SPBE yang menggambarkan tingkat kematangan (maturity level) dari pelaksanaan SPBE di Instansi Pemerintah. Ada 3 (tiga) unsur penting dalam penerapan SPBE tersebut, yaitu: Penyelenggaraan pemerintahan merupakan unsur tata kelola dari birokrasinya, kehandalan Teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sebagai pengungkit (enabler) dalam pelaksanaannya, dan yang terakhir adalah kemudahan layanan pemerintah yang diberikan kepada pengguna, sesuai tugas dan fungsinya masing-masing.

Pada tahun 2018 Kabupaten Sarolangun memperoleh indeks SPBE dengan nilai 1,87 (kategori cukup) dari skala 5. Kemudian pada evaluasi SPBE tahun 2019, indeks SPBE Kabupaten Sarolangun meningkat jadi 2,52 yang masih dikategorikan cukup. Diharapkan pada evaluasi tahun ini Kab. Sarolangun dapat meningkatkan indeks SPBE kabupaten Sarolangun menjadi lebih baik lagi. (DVD)