img
Pj Bupati Sarolangun Resmikan Desa Wisata dan Wisata Pondok Buluh Bukit Rayo Desa Muara Cuban
  • BOB
  • October 21, 2023
  • Pengunjung (301)

SAROLANGUN - Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc kembali melaksanakan kunjungan kerja ke Kecamatan Batang Asai, Sabtu (21/10/2023).

Hal itu dalam rangka meresmikan secara langsung Desa Wisata dan Wisata Pondok Buluh Bukit Rayo, Desa Muara Cuban, Kecamatan Batang Asai.

Kegiatan peresmian tersebut juga dihadiri langsung Ketua DPRD Sarolangun Ketua DPRD Sarolangun Tontawi Jauhari, SE, M.Pd, Kabag OPS Polres Sarolangun Kompol A Bastari Yusuf, SH, Plh Sekda Sarolangun Ir Dedy Hendry, M.Si, Asisten I Setda Sarolangun Arif Ampera, Kadisparpora Sarolangun H Saipullah, S.Sos, MH, Kadis PUPR Sarolangun Arif Hamdani, ST, Kadinkes Sarolangun Bambang Hermanto, Kadis Dukcapil Sarolangun Riduan, S.STP, ME.

Selain itu juga hadir Camat Batang Asai Junaidi, Kades Muara Cuban Julius Rangga Saputra beserta jajaran perangkat desa, Para kepala desa di Kecamatan Batang Asai, tokoh masyarakat dan para tokoh pemuda setempat.

Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri meresmikan desa wisata dan wisata pondok buluh bukit Rayo tersebut ditandai dengan penandatangan prasasti dan pemotongan pita tanda dibukanya wisata pondok buluh tersebut.

Kepada sejumlah awak media, Bachril Bakri mengucapkan selamat atas ditetapkannya Desa muara Cuban sebagai desa wisata oleh Pemerintah Kabupaten Sarolangun pada tahun 2023 ini sehingga desa ini menjadi desa wisata seperti di desa lainnya yang ada di berbagai kecamatan, yang sebelumnya telah ditetapkan sebagai Desa Wisata, yang jumlahnya ada 10 Desa wisata di Kabupaten Sarolangun.

” Di Sarolangun ada juga desa Lidung yang berpotensi untuk dijadikan sebagai desa wisata untuk kedepannya. Desa wisata ini dengan anggaran yang memadai, ada aktivitas pemerintah desa di sini, dan kita harapkan agar ini terus dikembangkan kedepan dalam rangka mendorong ekonomi masyarakat,” katanya.

Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri saat menandatangani prasasti Desa Wisata dan Wisata Pondok Buluh Bukit Rayo

Bachril Bakri juga menyebutkan bahwa kedepan Pemerintah Kabupaten Sarolangun melalui Disparpora Sarolangun akan terus mendorong dan membina agar Wisata Pondok Buluh Bukit Rayo ini terus berkembang dengan baik, salah satunya dengan melengkapi dan memperbaiki kekurangan yang ada, seperti sarana dan prasaran ataupun hal lain yang diperlukan.

” Di awal bulan tahun depan, kita akan bersama-sama mengkoordinasi ke pemerintah pusat, agar objek wisata kita ini mendapatkan bantuan. Tentu pemerintah daerah memberikan apresiasi kepada kepala desa bapak Julius yang telah membangun tempat seperti ini melalui anggaran dana desa, yang punya ide untuk mengembangkan tempat ini sebagai objek wisata,” katanya.

Iapun berharap dengan adanya objek wisata ini tentu akan bisa menarik para wisatawan baik lokal ataupun luar daerah untuk datang ke Desa Muara Cuban dalam berkunjung langsung ke wisata pondok buluh bukit Rayo yang memiliki diri khas dengan pemandangan alam yang sangat luar biasa.

” Semoga ini bisa menambah pendapatan desa bahkan juga pendapatan daerah, khususnya Desa, yang di kelola melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), dan akan berdampak langsung terhadap kesejahteraan masyarakat dengan berkembangnya ekonomi wisata, salah satunya melalui UMKM disini,” katanya. (IKP-KOMINFO)

Sumber: kabarsarolangun.com