img
Pj Bupati Sarolangun Hadiri Launching Peluncuran Pilkada Serentak Tahun 2024
  • BOB
  • July 10, 2024
  • Pengunjung (537)

SAROLANGUN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sarolangun menggelar kegiatan launching peluncuran Pilkada serentak tahun 2024 di Kabupaten Sarolangun dengan sukses pada Rabu (10/07/2024) di Glora Sport Center Sarolangun.

Kegiatan ini dihadiri oleh Penjabat Bupati Sarolangun Dr. Ir. Bachril Bakri, M.App, Sc, anggota KPU Provinsi Jambi Fahrul Rozi, Ketua KPU Sarolangun Ahmad Mujaddid, S.Pd.I beserta jajaran komisioner, Kapolres Sarolangun AKBP Budi Prasetya, Dandim 420/Sarko Letkol Inf Suyono, serta jajaran forkompinda Kabupaten Sarolangun. Selain itu, hadir pula Plh Sekda Sarolangun Ir. Dedy Hendry, M.Si, Ketua Bawaslu Sarolangun Mudrika, para ketua KPU Kabupaten/Kota se-Provinsi Jambi, para asisten dan staf ahli Bupati, kepala OPD di lingkungan Pemkab Sarolangun, partai politik, PPK dan PPS se-Kabupaten Sarolangun, serta ribuan masyarakat Sarolangun.

Dalam sambutannya, Ketua KPU Sarolangun Ahmad Mujaddid menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Keputusan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 620 Tahun 2024 tanggal 29 Mei 2024 tentang Pedoman Teknis Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih dalam Penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota.

"Alhamdulillah, antusiasme masyarakat Sarolangun cukup tinggi untuk menyaksikan peluncuran pilkada serentak di Kabupaten Sarolangun. Ayo kita ciptakan pilkada yang damai agar terhindar dari perpecahan," katanya.

Ahmad Mujaddid juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Sarolangun dan jajaran forkopimda Sarolangun yang telah bersinergi dalam mensukseskan pemilu tahun 2024, khususnya pilkada serentak dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sarolangun pada 27 November 2024 mendatang.

"Kabupaten Sarolangun sudah siap melaksanakan pilkada serentak. Hibah sebesar 28 miliar lebih telah dicairkan oleh pemerintah Kabupaten Sarolangun. Jangan lupa pada tanggal 27 November 2024 kita akan memilih Bupati dan Wakil Bupati Sarolangun," ujarnya.

Saat ini, tahapan pilkada serentak 2024 sedang dalam tahap pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih yang dilakukan petugas Pantarlih dengan mendatangi rumah-rumah warga hingga berakhir pada tanggal 24 Juli 2024. Selain itu, juga sedang berlangsung tahapan verifikasi faktual untuk calon perseorangan atau jalur independen.

Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri mengatakan bahwa melalui launching ini, masyarakat diharapkan untuk datang ke TPS pada tanggal 27 November 2024 untuk menggunakan hak suaranya pada pilkada Sarolangun. Pemkab Sarolangun bersama KPU menargetkan partisipasi pemilih pada pilkada Sarolangun ini mencapai sebesar 83,5 persen.

"Sebelum tanggal 27 November ada beberapa rangkaian tahapan pelaksanaan pilkada serentak, termasuk masa tahapan coklit data pemilih. Data kependudukan jumlah pemilih 209.232 pemilih, dan 856 TPS. Saat ini kita sedang menunggu hasil coklit oleh anggota pantarlih yang ditunjuk oleh KPU Sarolangun," ujarnya.

Bachril Bakri juga mengajak seluruh masyarakat untuk sama-sama mensukseskan pemilukada di Kabupaten Sarolangun dengan jujur, adil, kondusif, dan aman, seperti pada pelaksanaan pemilihan legislatif dan pemilihan presiden bulan Februari 2024 lalu yang berjalan dengan lancar.

"Pilkada 2024 kita berharap pemilih cerdas dan pemimpin berkualitas. Saya juga menekankan untuk seluruh ASN di lingkungan Pemkab Sarolangun menjaga netralitas ASN baik PNS maupun PPPK," katanya.

"Tahapan pendaftaran para calon kepala daerah akan berlangsung pada 27-29 Agustus 2024. Kita harapkan tahapan pendaftaran calon tersebut berjalan dengan baik, aman, dan lancar hingga masa kampanye. Saya berharap pilkada serentak di Kabupaten Sarolangun berlangsung aman dan kondusif serta tercipta pemilu yang berkualitas," tambahnya.

Dalam kegiatan tersebut, Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri, Ketua KPU Sarolangun Ahmad Mujaddid, anggota KPU Provinsi Jambi Fahrul Rozi, serta seluruh jajaran forkompinda Sarolangun melakukan peluncuran pilkada serentak dengan menekan tombol sirene. Acara ini diakhiri dengan penyerahan plakat, pemberian doorprize bagi yang beruntung, serta hiburan rakyat dengan mendatangkan artis dan guest star. (IKP-KOMINFO)