img
Pj Bupati Sarolangun Hadiri Buka Puasa Bersama Sekaligus Sosialisasi Peran Ormas dan LSM Dalam Pembangunan Daerah
  • BOB
  • March 27, 2024
  • Pengunjung (60)

SAROLANGUN - Penjabat Bupati Sarolangun, Dr. Ir. Bachril Bakri, M.App.Sc., menghadiri kegiatan buka puasa bersama 1445 Hijriyah sekaligus sosialisasi peran Organisasi Masyarakat (Ormas) dan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dalam pembangunan daerah, pada Rabu (27/03/2024) di aula Golden Hotel Sarolangun.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Sarolangun itu juga dihadiri oleh Kapolres Sarolangun AKBP Budi Prasetya, S.IK, M.Si, Dandim 0420/Sarko Letkol Inf Suyono, S.Sos, Plh Sekda Sarolangun Ir. Dedy Hendry, M.Si, Kakan Kesbangpol Sarolangun, Hudri, M.Pd.I.

Selain itu, hadir juga Kasi Intel Kejari Sarolangun Erikson, SH, Pabung Kodim 0420/Sarko Mayor CHK Dedy Afrizal, Kasat Intelkam AKP Sukman, SH, Asisten I Sarolangun Drs Arief Ampera, puluhan ormas dan LSM, staf Kesbangpol Sarolangun, dan tamu undangan lainnya.

Kakan Kesbangpol Sarolangun, Hudri, menyampaikan ucapan terima kasih atas kehadiran Penjabat Bupati Sarolangun beserta jajaran forkompinda dalam kegiatan buka puasa bersama segenap ormas dan LSM di Kabupaten Sarolangun.

"Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan hubungan silaturrahmi pemerintah daerah beserta forkompinda dengan ormas dan LSM untuk bagaimana meningkatkan peran serta dalam pembangunan daerah untuk kemajuan Kabupaten Sarolangun," katanya.

Sementara itu, PJ Bupati Sarolangun, Bachril Bakri, mengatakan bahwa keberadaan ormas maupun LSM telah diatur dalam UUD tahun 1945, di mana ormas maupun LSM dijamin hak kemerdekaan berserikat, berkumpul, dan menyampaikan pokok pikiran untuk tujuan bernegara.

"Ormas dan LSM ini dibentuk untuk membantu pemerintah dalam melaksanakan pembangunan daerah untuk tercapainya tujuan bernegara. Fungsi kontrolnya ada, tetapi ada juga fungsi dalam pembangunan. Kita tahu juga LSM bergerak sesuai bidang spesifikasinya, ada yang bergerak di lingkungan hidup, dan sebagainya," katanya.

Bachril Bakri juga menjelaskan tujuan pendirian ormas dan LSM ini, antara lain untuk mewujudkan tujuan negara, menjaga memelihara dan memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, melestarikan sumber daya alam dan lingkungan hidup, meningkatkan partisipasi dan keberdayaan masyarakat, memberikan pelayanan kepada masyarakat, melestarikan dan memelihara norma nilai moral dan etika, serta budaya dalam kehidupan bermasyarakat.

"Kehadiran ormas dan LSM dibutuhkan pemerintah dalam pembangunan daerah melalui partisipasi masyarakat dalam pembangunan. Kedepan peran kita masih ada dalam pemilu kedepan, dan saya berterima kasih kepada semua ormas dan LSM yang telah berpartisipasi dalam pemilu kemarin," katanya.

Disamping itu, Kapolres Sarolangun, AKBP Budi Prasetya, juga menyatakan bahwa keberadaan ormas dan LSM diharapkan dapat melaksanakan fungsinya dengan baik sesuai dengan visi dan misi berdirinya ormas tersebut dalam rangka membawa kemajuan pembangunan daerah.

"Dalam menyampaikan aspirasinya, tentu kita harapkan untuk mengedepankan diskusi, dan tetap menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat atau Harkamtibmas. Peran polri bagaimana kepolisian dapat mengandeng ormas dan LSM dalam menjaga ketertiban dan keamanan, polri akan mengintervensi apabila ada ormas yang keluar dari jalurnya yang telah di undang-undangkan seperti ormas radikal," katanya.

Senada dengan itu, Dandim 0420/Sarko, Letkol Inf Suyono, juga menegaskan bahwa keberadaan ormas dan LSM sangat disambut baik oleh Pemerintah Daerah untuk sama-sama mendukung Pemerintah dalam melaksanakan pembangunan daerah sehingga kemajuan daerah bisa lebih baik.

"Kita tentu tidak ada keinginan untuk saling mengoreksi antara satu sama lain, maka saya harap ormas sesuai dengan disiplin ilmu yang dimiliki tidak mudah terprovokasi, tidak mudah dihasut kepada hal-hal yang bertujuan tidak baik. Saya berharap kita sama-sama bekerja sama untuk kemajuan Kabupaten Sarolangun," katanya.

Disisi lain, Kasi Intel Kejari Sarolangun, Erikson, juga menyatakan atas nama Kejaksaan Negeri Sarolangun sangat berterima kasih atas peran aktif dari rekan-rekan Ormas/LSM, khususnya setiap laporan yang disampaikan ke Kejari Sarolangun. Pihaknya menerima laporan dan akan diproses terlebih dahulu, khususnya laporan dalam tindak pidana korupsi.

"Kejaksaan tentu mendukung pelaksanaan pembangunan daerah dan kami Kejari Sarolangun berharap rekan-rekan ormas/LSM terus dapat menjaga silaturrahmi dengan kami," katanya.

Dalam kegiatan tersebut, Penjabat Bupati Sarolangun, Bachril Bakri, beserta jajaran forkopimda Sarolangun tampak buka puasa bersama dengan perwakilan ormas dan LSM yang berlangsung dengan lancar. (IKP-KOMINFO)