img
Pj Bupati Sarolangun Hadiri Apel Gerakan Coklit Serentak Daptar Pemilih Pilkada Serentak Tahun 2024
  • BOB
  • June 24, 2024
  • Pengunjung (328)

SAROLANGUN - Penjabat Bupati Sarolangun Dr. Ir. Bachril Bakri, M.App, Sc, menghadiri langsung kegiatan apel Gerakan Coklit Serentak (GCS) Daftar Pemilih pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak tahun 2024, Senin (24/06/2024) di Halaman Kantor KPU Sarolangun. Kegiatan coklit ini dilakukan untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2024.

Acara tersebut dihadiri oleh berbagai pejabat penting, termasuk Anggota KPU Provinsi Jambi Edison, SE, ME, Ketua KPU Sarolangun Ahmad Mujaddid, S.Pd.I, beserta anggota, Ketua Bawaslu Sarolangun Mudrika, SH, MH beserta anggota, Asisten I Sarolangun Drs H. Arief Ampera, Kakan Kesbangpol Sarolangun Hudri, M.Pd.I, Kadis Dukcapil Sarolangun Riduan, S. STP, ME, dan ratusan Petugas Pantarlih.

Ketua KPU Sarolangun, Ahmad Mujaddid, menjelaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 2 Tahun 2024 tentang Tahapan dan Jadwal Pemilihan Kepala Daerah Serentak. Pelaksanaan Tahapan Pencocokan dan Penelitian Daftar Pemilih melibatkan 827 petugas pantarlih, dengan 212.806 data pemilih yang akan dicocokkan dan diteliti.

Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri bersama Ketua KPU Sarolangun Ahmad Mujaddid memasangkan ID card dan menyerahkan peralatan pantarlih kepada petugas. Kegiatan coklit ini bertujuan untuk memperbaiki daftar pemilih dengan mencatat pemilih yang memenuhi syarat namun belum terdaftar, memperbaiki data pemilih yang terdapat kesalahan, dan mencoret data pemilih yang tidak memenuhi syarat.

Selain itu, petugas pantarlih juga akan mencoret pemilih yang meninggal dunia, pindah domisili, berubah status menjadi anggota TNI/Polri, belum cukup umur pada hari pemungutan suara, terganggu jiwa/ingatannya, atau yang sedang dicabut hak pilihnya berdasarkan putusan pengadilan.

Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri mengingatkan agar seluruh petugas bekerja dengan baik dan profesional, memastikan pencocokan dan penelitian dilakukan door-to-door, serta mensosialisasikan Pemilukada tahun 2024 kepada masyarakat.

"Saya berharap kegiatan yang dilakukan seluruh pantarlih dilakukan secara baik, sesuai prosedur, betul-betul di datangi ke rumah. 212.806 jiwa jumlah pemilih Kabupaten Sarolangun, yang akan dilakukan kegiatan coklit. Saya berharap petugas pantarlih juga mensosialisasikan Pemilukada tahun 2024, termasuk tahapan-tahapannya," kata Bachril Bakri.

Kegiatan ini diakhiri dengan pemasangan simbolis ID card dan alat kerja pantarlih oleh Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri bersama Ketua KPU Sarolangun Ahmad Mujaddid dan diakhiri dengan foto bersama. (IKP-KOMINFO)