img
Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri Tutup Pelatihan Menjahit Di Kecamatan Sarolangun, Harapkan Dapat Mengurangi Pengangguran
  • BOB
  • December 19, 2023
  • Pengunjung (209)

SAROLANGUN - Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc, resmi menutup langsung kegiatan pelatihan berbasis kompetensi kejuruan menjahit  di wilayah Kecamatan Sarolangun, Selasa (19/12/2023) di Aula Kantor Camat Sarolangun.

Kegiatan tersebut tampak hadir Kadis Nakertrans Sarolangun H Deshendri, SH, Camat Sarolangun Bustra Desman, SE, MM, serta puluhan peserta pelatihan menjahit yang antusias menyambut kegiatan tersebut.

Dalam arahannya, Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri memberikan apresiasi kepada Dinas Nakertrans Sarolangun yang telah sukses dalam melaksanakan kegiatan pelatihan berbasis kompetensi kejuruan ini di setiap Kecamatan dalam wilayah Kabupaten Sarolangun.

Salah satunya di Kecamatan Sarolangun, sebanyak 30 orang peserta telah mengikuti pelatihan menjahit selama satu bulan sehingga tentunya telah dapat menguasai keterampilan dalam menjahit.

” Saya mengucapkan terima kasih kepada bapak kadis yang telah menyelenggarakan kegiatan ini dengan baik, dan lancar dan hari ini kita tutup acaranya. Selama sebulan kegiatan ini semoga bermanfaat dan dapat digunakan untuk keluarga terutama,” katanya.

Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri

Bachril Bakri juga menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan program Pemerintah Kabupaten Sarolangun dalam rangka mengurangi angka Pengangguran di setiap kecamatan dan desa.

Berdasarkan pendataan yang dilakukan, ada sebanyak 6.255 jiwa/orang yang terdata dalam angka pengangguran terbuka yang tersebar di seluruh kecamatan.

” Ini adalah program kita untuk mengurangi angka pengangguran, kita mendata jumlah pengangguran di seluruh kecamatan dan desa, ada sebanyak 6.255 jiwa orang. Itu target kita yang kita tangani, dan Alhamdulillah kita mendapatkan anggaran dana insentif fiskal tahun berjalan dari pemerintah pusat, kategori kemiskinan ekstrem dan kita lakukan program penanganan pengangguran,” katanya.

Dalam pelatihan berbasis kompetensi ini, di setiap kecamatan berbeda kejuruannya, ada yang fokus pada pelatihan bengkel, pelatihan las, menjahit serta ada juga pelatihan tata rias kecantikan.

Dan itu semua tujuannya tidak lain untuk memberikan ilmu dan keterampilan bagi masyarakat sehingga bisa membuka lapangan pekerjaan untuk meningkatkan pendapatan ekonomi bagi keluarga khususnya dan masyarakat pada umumnya.

” Dengan dilatihnya bapak dan ibu semua, bisa dimanfaatkan untuk membantu kehidupan dengan membuka lapangan pekerjaan untuk meningkatkan pendapatan keluarga, ini bagaimana kita menurunkan angka pengangguran,” katanya.

Ia juga berharap selain untuk sendiri, para peserta yang sudah mahir dan memiliki keterampilan ini juga diharapkan bisa memberikan pelatihan bagi masyarakat lainnya, sehingga ilmu yang didapatkan ini bisa memberikan keterampilan bagi yang lain dan tentunya akan berdampak terhadap pengurangan angka pengangguran.

” Saya harap peserta juga bisa memberikan pelatihan kepada yang lain oleh peserta yang sudah mahir dalam menjahit ini. Saya ucapkan selamat kepada peserta telah mengikuti pelatihan semoga bisa dimanfaatkan keterampilannya di kehidupan sehari-hari,” katanya.

” Kita juga bagikan juga alat-alat menjahit, jangan dijual juga pak bantuan alat ini, tapi gunakanlah dengan baik. Dengan mengucapkan Alhamdulillah pelatihan berbasis kompetensi kejuruan menjahit di kecamatan Sarolangun saya nyatakan ditutup,” kata dia menambahkan.

Poto bersama

Dalam kegiatan tersebut, Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri juga memberikan peralatan Rias Kecantikan, Mesin Jahit, Peralatan Bengkel dan Las, serta diakhiri dengan poto bersama yang berjalan dengan lancar. (IKP-KOMINFO)