img
Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri Tinjau Lahan Pertanian Kompi Senapan A Yonif Raider 142/KJ
  • BOB
  • January 31, 2024
  • Pengunjung (168)

SAROLANGUN - Penjabat Bupati Sarolangun, Dr. Ir. Bachril Bakri, M.App, Sc, meninjau secara langsung pangan pertanian yang saat ini sedang digarap oleh personel TNI dari Kompi Senapan A Yonif Raider 142/KJ, Kodim 0420/Sarko, pada Rabu (31/01/2024) di kawasan Kompi Senapan A, Kecamatan Pelawan.

Kegiatan tersebut turut dihadiri oleh Plt. Kadis Ketahanan Pangan Sarolangun, H. Muhammad, Kadis Perkim, Drs. Tarmizi, Camat Pelawan, Sibawaihi, SH, MH, yang disambut oleh Danki Senapan A Yonif Raider 142/KJ, Letda Inf. Budi.

Danki Senapan A, Letda Inf. Budi, mengatakan bahwa dalam rangka mendukung program ketahanan pangan, pihaknya saat ini sedang menggarap lahan seluas 5 hektar untuk penanaman cabe, ubi racun, dan tanaman hortikultura lainnya.

Untuk kegiatan tersebut, ia juga mengucapkan terima kasih kepada Pj Bupati Sarolangun beserta dinas terkait yang telah membantu dengan penyediaan bibit, pupuk, dan alat handtractor untuk memudahkan personel TNI dalam menggarap lahan tersebut.

”Kami mengucapkan terima kasih atas kunjungan Bapak Pj Bupati dan rombongan dalam rangka meninjau lahan ketahanan pangan yang ada di Kompi Senapan A. Selain tugas pokok kami bertempur dan berlatih, kami juga memiliki tugas tambahan dalam kegiatan teritorial dalam rangka mendukung program ketahanan pangan, yang merupakan suatu bentuk wujud kemanunggalan TNI dengan masyarakat,” katanya.

Letda Inf. Budi juga menyebutkan bahwa ke depannya pihaknya juga akan membuka lahan seluas 30 hektar untuk dimanfaatkan di kawasan Kompi Senapan A Sarolangun.

”Kita selanjutnya akan membuka lahan seluas 30 hektar sehingga lahan kosong yang tidak dipergunakan, kurang lebih 101 hektar, diharapkan setengahnya bisa digunakan sebagai lahan pertanian,” katanya.

Sementara itu, Pj Bupati Sarolangun, Bachril Bakri, mengapresiasi dukungan TNI, khususnya Kodam II/Sriwijaya, KOREM Gapu Jambi, hingga Kodim 0420/Sarko, yang telah membuat program ketahanan pangan dengan membuat lahan pertanian di Kompi Senapan A Yonif Raider 142/KJ.

Di lahan pertanian tersebut akan ditanami tanaman hortikultura seperti cabe, ubi racun, hingga terong, yang tentunya akan bermanfaat dalam penanganan dan pengendalian inflasi di Kabupaten Sarolangun.

”Saya bersama Danki Senapan A Yonif Raider 142/KJ ingin melihat persiapan lahan untuk dijadikan areal penanaman cabe. Ini merupakan salah satu komoditas yang sangat sensitif dalam kaitannya dengan inflasi. Saya berterima kasih banyak kepada Pangdam, Danrem, dan Dandim yang telah bekerja sama dalam penanganan inflasi di Sarolangun,” katanya.

Ia pun berharap bahwa lahan pertanian ini dapat dijadikan contoh bagaimana kerjasama antara Pemerintah daerah dengan TNI dalam upaya penanganan inflasi di Kabupaten Sarolangun.

”Ini melibatkan para anggota TNI untuk kegiatan penanaman cabe, terong, ubi racun, dalam tahap awal 5 hektar dan nantinya akan dilakukan penanaman direncanakan oleh pimpinan KOREM Gapu Jambi. Saya mengapresiasi kegiatan ini dan mudah-mudahan ini bisa berhasil,” katanya. (IKP-KOMINFO)