img
Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri Terima Penghargaan Posyandu Berprestasi Terbaik Keempat Tingkat Nasional Dari Kemenkes RI
  • BOB
  • November 13, 2023
  • Pengunjung (124)

SAROLANGUN - Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc, menerima penghargaan kategori posyandu berprestasi bidang kesehatan tingkat nasional tahun 2023 dari Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, Senin (13/11/2024) malam di Hotel Grand Sahid Jakarta.

Penghargaan tersebut berupa posyandu berprestasi terbaik dengan peringkat keempat dan posyandu terbaik kesatu se-Provinsi Jambi.

Untuk posyandu berpretasi tingkat nasional tahun 2023 ini pada peringkat pertama diterima oleh Posyandu Adenium, Mojokerto, Jawa Timur. Peringkat kedua diterima posyandu cinta Sejati, Asal Bengkalis, Provinsi Riau. Peringkat ketiga, Posyandu mekar, asal Enrekang, Provinsi Sumatera Selatan.

Lalu pada Peringkat keempat, posyandu Perintis I asal Sarolangun, Jambi dan peringkat yang kelima diterima oleh Posyandu Melur 3 asal Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta

Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri kepada media ini mengaku sangat bersyukur atas penghargaan yang telah didapatkan oleh Pemerintah Kabupaten Sarolangun, yang menunjukkan bahwa posyandu yang ada di Kabupaten Sarolangun memiliki kualitas pelayanan yang sangat baik.

” Alhamdulillah malam ini, kita mendapatkan dua penghargaan dari Kemenkes yakni Pertama, kita meraih juara keempat posyandu perintis I posyandu terbaik tingkat nasional dan kedua, kita mendapatkan posyandu terbaik se-Provinsi Jambi,” katanya

Bachril Bakri menjelaskan bahwa sebelumnya Posyandu Perintis I yang ada di desa Perdamaian, Kecamatan Singkut ini telah dilakukan penilaian langsung dari tim verifikasi lapangan dari Kemenkes RI pada akhir bulan Oktober yang lalu.

Posyandu Perintis I Desa Perdamaian bisa mendapatkan nilai yang terbaik karena selain kondisi posyandu yang rapi dan bersih, juga menerapkan pola tanaman pekarangan rumah dan 10 program PKK juga terpenuhi.

Poto bersama

Menariknya lagi katanya, semua kewajiban pelayanan posyandu juga terpenuhi di Posyandu Perintis I Desa Perdamaian ini, dan melakukan inovasi Bule Asing atau Bubur, Lele Atasi Stunting, Inovasi Dahsyat atau Dapur Sehat Atasi Stunting, dan program lainnya.

” Saya lihat ini luar biasa, rapi dan bersih dan ada juga tanaman-tanaman, semua kewajiban pelayanan posyandu juga terpenuhi jadi tidak malu kita menunjuk posyandu perintis I desa perdamaian menjadi satu satunya posyandu terbaik di tingkat provinsi, dan ada inovasi yang dinilai, yakni Bule Asing, salah satunya dalam pencegahan dan penanganan stunting,” katanya.

Iapun berharap kedepan, prestasi ini agar terus dipertahankan dengan melakukan inovasi yang lebih baik lagi dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat Sarolangun dan kepada posyandu lainnya di Kabupaten Sarolangun untuk dapat mencontoh pelayanan yang telah dilakukan oleh posyandu Perintis I ini.

” Kita harapkan posyandu perdamaian kecamatan Singkut semoga dapat dipertahankan kedepan dan semakin lebih baik kedepan dalam pelayanan posyandu untuk masyarakat yang sehat di seluruh Kabupaten Sarolangun,” katanya.

Dalam penerimaan penghargaan tersebut, Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri turut didampingi Ketua TP PKK Sarolangun Ny Indah Dewi Pangesti serta jajarannya dan para kader posyandu Perintis I Desa Perdamaian, Kecamatan Singkut. (IKP-KOMINFO)