img
Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri Tekankan Triwulan I 2024, Realisasi Anggaran Harus Capai 20 Persen
  • BOB
  • January 15, 2024
  • Pengunjung (355)

SAROLANGUN - Penjabat Bupati Sarolangun, Dr. Ir. Bachril Bakri, M.App, Sc, memimpin apel gabungan seluruh Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sarolangun pada Senin, 15 Januari 2024. Apel ini digelar di Lapangan Gunung Kembang, Komplek Perkantoran Bupati Sarolangun. Pj Sekda Sarolangun Ir. Dedy Hendry, M.Si, para asisten dan staf ahli Bupati, para Kabag, kepala OPD, serta jajaran pegawai di lingkungan Pemkab Sarolangun turut hadir dalam apel tersebut.

Apel gabungan ini menjadi yang pertama di awal tahun 2024 dan menjadi momen di mana Pj Bupati menyampaikan beberapa hal penting terkait program kerja di tahun anggaran tersebut. Salah satu fokusnya adalah realisasi anggaran pada serapan APBD Kabupaten Sarolangun tahun anggaran 2024.

Bachril Bakri menyampaikan apresiasinya terhadap kinerja pada tahun 2023 yang dinilainya cukup baik, dengan realisasi anggaran mencapai 92 persen. Namun, ia juga memberikan pemahaman bahwa beberapa kendala dapat terjadi dalam perhitungan dan pelaksanaan anggaran. Dengan pengalaman tersebut, diharapkan pada tahun 2024 ini serapan anggaran bisa ditingkatkan.

Pj Bupati menetapkan target realisasi anggaran APBD mencapai 95 persen pada tahun 2024. Ia mendorong seluruh OPD untuk melakukan upaya percepatan realisasi anggaran dengan memulai kegiatan pada triwulan I 2024. Target awalnya adalah mencapai 20 persen pada Triwulan I tahun 2024, sesuai amanat dari Menteri Dalam Negeri.

"Pelaksanaan proyek tidak harus selesai di triwulan IV, mindset yang kita biasakan di bulan Desember," ujar Bachril Bakri, memberikan arahan kepada seluruh OPD.

Selain itu, Bachril Bakri menyampaikan bahwa realisasi anggaran APBD Kabupaten Sarolangun memiliki dampak penting dalam mendorong perputaran ekonomi bagi masyarakat Sarolangun. Oleh karena itu, percepatan pelaksanaan kegiatan dan anggaran diharapkan dapat berdampak positif pada perputaran ekonomi masyarakat setempat.

Ia juga mengingatkan seluruh OPD untuk segera menyusun rencana, mempersiapkan perencanaan anggaran, dan tidak menunda-nunda pelaksanaan kegiatan. Bachril Bakri berharap agar lelang dapat segera dimulai, dan kegiatan bisa segera dieksekusi untuk mencapai target serapan anggaran yang telah ditetapkan. (IKP-KOMINFO)