img
Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri Tanam Padi Sawah Di BBI Padi Kecamatan Limun
  • BOB
  • June 26, 2024
  • Pengunjung (175)

SAROLANGUN - Penjabat Bupati Sarolangun Dr. Ir. Bachril Bakri, M.Ap, Sc mengunjungi areal lahan sawah di Balai Benih Induk (BBI) Padi di Dusun Mengkadai, Desa Temenggung, Kecamatan Limun sebagai bagian dari upaya pengendalian inflasi daerah dan menjaga ketersediaan beras di Kabupaten Sarolangun. Dalam kegiatan ini, ia didampingi oleh Kadis Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan (TPHP) Sarolangun, Ir. Dedy Hendry, M.Si, Kabid Tanaman Pangan Ramilus, jajaran Tripika Kecamatan Limun, dan para anggota kelompok tani setempat.

Kadis TPHP Sarolangun, Dedy Hendry, menjelaskan bahwa di lokasi BBI Padi Kecamatan Limun terdapat lahan seluas 5 hektar, namun baru 2 hektar yang telah ditanami padi sawah. Salah satu kendala yang dihadapi adalah sumber air untuk 3 hektar lahan yang belum ditanami.

"Tadi kita menyaksikan pak bupati melakukan tanam padi di balai benih di Desa Mengkadai, Kecamatan Limun. Insya Allah akan terus kita kembangkan dan setiap tahun kita ada tanam, meskipun jarang diekspos. Mudah-mudahan nanti kita lebih intens mengembangkan ini," ujar Dedy Hendry.

Selain fokus pada penanaman padi sawah, Dinas TPHP Sarolangun juga mengembangkan penanaman padi ladang di berbagai kecamatan seperti Kecamatan Batang Asai. Dedy Hendry menyebutkan bahwa kegiatan seperti Gerakan Turun Betahun di Kecamatan Batang Asai juga melibatkan penanaman padi ladang, dengan rencana penanaman di Desa Bathin Pengambang, Batu Empang, dan beberapa desa lainnya di bagian atas Kecamatan Batang Asai.

Sementara itu, Penjabat Bupati Sarolangun, Bachril Bakri, menekankan pentingnya gerakan tanam padi sawah sebagai bagian dari penanggulangan dan penanganan inflasi daerah serta upaya pengendalian harga beras. Ia berharap dalam tiga bulan ke depan panen padi dapat memberikan hasil yang baik dan membantu mengendalikan harga beras sehingga tidak ada kenaikan.

"Kami menghimbau masyarakat yang memiliki lahan padi sawah agar segera menanam padi. Saat ini kami hanya memulai di satu titik, di lokasi lahan balai benih padi Pemda melalui dinas TPHP. Nanti akan dikelola dengan baik sesuai standar pengelolaan tanaman padi yang bagus," kata Bachril Bakri.

Ia juga menghimbau seluruh kecamatan atau desa yang memiliki lahan padi sawah untuk segera menanam padi karena sudah memasuki musim tanam, agar Kabupaten Sarolangun tidak mengalami kekurangan beras.

Dalam kunjungannya, Bachril Bakri juga mengapresiasi upaya kelompok tani dan menggarisbawahi pentingnya kerjasama antara pemerintah daerah dan masyarakat untuk mencapai ketahanan pangan yang lebih baik di Sarolangun. (IKP-KOMINFO)