img
Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri Sidak Ke Pasar Atas Sarolangun H-2 Lebaran Idul Adha 1445 H
  • BOB
  • June 15, 2024
  • Pengunjung (121)

SAROLANGUN - Menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriyah/2024 Masehi, Penjabat Bupati Sarolangun Dr. Ir. Bachril Bakri, M.App, Sc, beserta jajaran Forkopimda melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke Pasar Atas Sarolangun pada Sabtu pagi (15/06/2024). Sidak ini dilakukan untuk mengecek ketersediaan bahan pokok makanan serta harga sembako menjelang Lebaran Haji tahun ini.

Hadir dalam kegiatan ini Plh Sekda Sarolangun Ir. Dedy Hendry, M.Si, perwakilan dari Kodim 0420/Sarko, Kejari Sarolangun, Asisten II Setda Sarolangun Deshendri, SH, Kepala Inspektorat Sarolangun Henriman, S.Sos, Kadis Perindagkop Sarolangun Drs. Muslihadi, Kasat Pol PP Sarolangun Drs. Muhammad Idrus, serta beberapa pejabat lainnya termasuk Kadis LHD Sarolangun Kurniawan, ST, Kadisnakan Sarolangun Dulmuin, SP, Kabag Ekonomi dan SDA Davidman, Kepala UPTD Pasar Sarolangun Herman, dan tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Sarolangun.

Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri bersama jajaran mengecek ketersediaan pangan yang dijual oleh pedagang serta menanyakan langsung kondisi harga sembako. Dari pantauan di lapangan, harga sembako terpantau relatif stabil menjelang Lebaran Idul Adha, kecuali harga cabai merah yang mengalami kenaikan signifikan.

"Pada hari ini, dua hari menjelang Idul Adha, kami Pemda bersama Forkopimda beserta OPD melakukan sidak ke Pasar Atas untuk melihat harga komoditas pangan khususnya yang dibutuhkan saat Lebaran Idul Adha 1445 Hijriyah," kata Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri kepada media.

Bachril Bakri menjelaskan bahwa harga sembako secara umum stabil, hanya cabai merah yang mengalami kenaikan, dengan harga mencapai Rp 70 ribu hingga Rp 75 ribu per kilogram di Pasar Atas Sarolangun.

"Saya sudah berkomunikasi dan bertanya kepada pedagang bahwa harga stabil, kecuali cabai merah yang sedikit naik, sekarang mencapai Rp 70 ribu per kilogram," katanya.

Menurutnya, kenaikan harga cabai merah sudah lumrah terjadi ketika memasuki hari raya karena permintaan yang meningkat drastis, sehingga berpengaruh terhadap Indeks Perubahan Harga (IPH).

"Untuk yang lain seperti beras, telur, minyak, ayam, dan daging, semua stabil dan terkontrol jadi bisa dikendalikan. Alhamdulillah, saya rasa untuk Lebaran Haji seluruh kebutuhan pangan bisa dipenuhi dan harga bisa dikendalikan, kecuali khusus harga cabai," katanya.

Penjabat Bupati Sarolangun berharap masyarakat tetap tenang dan tidak khawatir akan ketersediaan bahan pokok serta kenaikan harga yang signifikan, selain dari cabai merah. (IKP-KOMINFO)