img
Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri Serahkan Bantuan Pompa Air Bagi Poktan Lesung Batu Desa Penegah
  • BOB
  • August 10, 2024
  • Pengunjung (108)

SAROLANGUN - Penjabat Bupati Sarolangun, Dr. Ir. Bachril Bakri, M.App, Sc, menyerahkan bantuan satu unit pompa air kepada Kelompok Tani Lesung Batu di Desa Penegah, Kecamatan Pelawan, Sabtu (10/08/2024). Bantuan ini berasal dari Kementerian Pertanian untuk mengatasi kekeringan di areal persawahan selama musim kemarau dan meningkatkan produksi pertanian.

Acara ini dihadiri oleh beberapa pejabat, termasuk perwakilan dari Badan Infrastruktur Pertanian Provinsi Jambi, Salwati, Ketua TP PKK Sarolangun, Ny. Indah Dewi Bachril, dan Pj Sekda Sarolangun, Ir. Dedy Hendry. Seorang petani dari Kelompok Tani Lesung Batu menyampaikan terima kasih atas bantuan ini, yang sangat dibutuhkan untuk mengairi sawah tadah hujan seluas 17 hektar di desa tersebut.

Salwati menjelaskan bahwa program bantuan pompa air ini bertujuan untuk meningkatkan indeks pertanaman dari sekali menjadi dua hingga tiga kali setahun, sehingga diharapkan dapat meningkatkan produksi dan ketahanan pangan di masa depan. Pompa air dengan pipa ukuran 4 inci ini mampu mengairi lahan seluas 20 hektar.

Bachril Bakri menambahkan bahwa Kabupaten Sarolangun menerima 42 unit pompa air dari Kementerian Pertanian, yang diserahkan kepada berbagai kelompok tani di daerah tersebut. Ia berharap bantuan ini dapat mendukung pengendalian inflasi, peningkatan produksi pertanian, serta menjaga ketahanan dan kemandirian pangan di Kabupaten Sarolangun.

"Pompa air ini sangat membantu petani agar tidak lagi bergantung pada musim hujan, dan kita harapkan dapat dimanfaatkan dengan baik," ujarnya. (IKP-KOMINFO)