img
Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri Sampaikan Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Sarolangun Tahun Anggaran 2022

SAROLANGUN - Penjabat Bupati Sarolangun Dr. Ir. Bachril Bakri, M. App, SC menyampaikan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kabupaten Sarolangun tahun anggaran 2022 pada rapat paripurna tingkat 1 tahap 3 Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sarolangun terhadap Pandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD Tentang Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Sarolangun tahun anggaran 2022, Selasa siang 4 Juli 2023 di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Sarolangun.

Rapat Paripurna dipimpin Wakil Ketua I DPRD Sarolangun Aang Purnama didampingi Ketua DPRD Sarolangun Tontawi Jauhari, SE dan Wakil Ketua II Syahrial Gunawan, SH. Pada Rapat Paripurna ini Penjabat Bupati Sarolangun Dr. Ir. Bachril Bakri, M.App. SC menjawab pandangan dan pertanyaan dari delapan (8) fraksi pada rapat sebelumnya. 8 Fraksi tersebut adalah Fraksi Golkar, Fraksi PDI-Perjuangan, Fraksi Demokrat, Fraksi PKS, Fraksi PPP, Fraksi PKB, Fraksi PAN dan Fraksi Gerindra). Rapat Paripurna dimulai pukul 15.15 WIB.

Tepat pada 15.20 WIB, Pj Bupati Bachril Bakri menyampaikan Tanggapan dan Jawaban Eksekutif Terhadap Pandangan Umum Fraksi-Fraksi DPRD Tentang Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Sarolangun tahun anggaran 2022.

“Terimakasih yang tulus dan setinggi- tingginya kami ucapkan kepada Dewan yang mempercayakan kepada kami untuk menyampaikan tanggapan dan jawaban eksekutif terhadap Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Sarolangun tahun anggaran 2022,” kata Pj Bupati Bachril Bakri.

Pj Bupati Bachril Bakri menjawab pertanyaan dan tanggapan masing-masing Fraksi menurut substansi sesuai tanggapan dan pertanyaan masing-masing fraksi terkait beberapa poin penting, antara lain terkait serapan anggaran, peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan tindak lanjut temuan BPK RI pada LHP LKPD Kabupaten Sarolangun tahun 2022.

Rapat dilanjutkan dengan Rapat Paripurna tingkat 2 Laporan Pansus dan penandatanganan persetujuan bersama terhadap Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Sarolangun tahun 2022, yang dipimpin langsung Ketua DPRD Sarolangun Tontawi Jauhari, SE.

“Kami akan menindaklanjuti pandangan dan masukan Dewan terhadap Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kabupaten Sarolangun tahun 2022 untuk lebih baik demi kelancaran pembangunan dan kemajuan Kabupaten Sarolangun,” ucap Pj Bupati Bachril Bakri.

Lebih lanjut, kepada awak media, Pj Bupati Bachril Bakri menguraikan tentang tiga poin penting yang menjadi sorotan fraksi-fraksi, yakni terkait PAD, serapan anggaran dan temuan BPK yang menjadi rekomendasi audit BPK yang termaktub dalam laporan hasil pemeriksaan laporan keuangan daerah daerah (LKPD) Kabupaten Sarolangun tahun anggaran 2022.

Terkait PAD, sudah menjadi perhatian pemerintah, bagaimana mengelola dan meningkatkan PAD, hingga upaya dan alternatif lain dalam rangka peningkatan PAD.

“Memang sudah jadi perhatian kami, setelah kami pelajari memang pada setiap OPD, dengan APBD kita saat ini belum bisa kegiatan yang optimal. Kami akan berupaya bagaimana meningkatkan PAD, seperti meningkatkan objek pajak, mendata kembali atau mencari alternatif lain untuk peningkatan PAD,” katanya.

Adapun terkait temuan BPK, Pj Bupati Bachril Bakri menyebut bahwa pihaknya sudah menindaklanjutinya dan saat ini di beberapa OPD, kegiatan tersebut sedang berjalan.

“Terkait temuan BPK sebagiannya sudah kita tindak lanjuti, saya kemarin sudah menyurati OPD yang ada temuan agar temuan tersebut ditindak lanjuti, kalau ada kerugian negara harus dikembalikan,” ungkapnya.

Poin penting berikutnya adalah terkait serapan anggaran, walaupun saat ini sudah terealisasi cukup baik, Ia akan terus mengevaluasi secara berkesinambungan.

“Alhamdulillah serapan anggaran kita sudah cukup baik, sudah di atas 92 persen. Saya juga berupaya bagaimana di atas itu. Kami akan terus mengevaluasi setiap bulan, nantinya akan kami evaluasi per triwulan dan per semester pada OPD,” pungkasnya. (*)