img
Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri Sampaikan Laporan Kinerja Triwulan IV Ke Mendagri
  • BOB
  • May 08, 2024
  • Pengunjung (89)

SAROLANGUN - Bachril Bakri telah melalui evaluasi kinerja yang mengesankan selama menjabat sebagai Penjabat Bupati Sarolangun. Capaian kinerja tersebut mencakup berbagai aspek penting pembangunan daerah seperti inflasi, stunting, kemiskinan ekstrem, layanan publik, pengangguran, perizinan, kesehatan, dan penyerapan anggaran. Berikut beberapa poin penting dari laporan kinerja tersebut:

1. Aspek Inflasi: Pemerintah Kabupaten Sarolangun berhasil mengendalikan inflasi dengan melakukan operasi pasar dan gerakan pangan murah, yang berdampak positif pada Indeks Pembangunan Manusia (IPH) dan dana insentif fiskal dari Kementerian Keuangan RI.

2. Aspek Stunting: Terjadi penurunan yang signifikan pada jumlah balita stunting dan prevalensi stunting di Kabupaten Sarolangun. Ini disebabkan oleh intervensi kebijakan yang dilakukan secara intensif, baik intervensi sensitif maupun spesifik, yang dipimpin oleh Penjabat Bupati Sarolangun.

3. Aspek BUMD: Satu-satunya BUMD yang ada, yaitu Perumda Tirta Sako Batuah, tergolong sebagai BUMD yang sehat. Capaian ini merupakan hasil kerja keras dalam mengelola perusahaan daerah.

4. Aspek Pengangguran: Angka pengangguran terbuka di Kabupaten Sarolangun mengalami penurunan, berkat upaya peningkatan keterampilan dan pembukaan lapangan kerja yang dilakukan oleh Pemerintah.

5. Aspek Kemiskinan Ekstrem: Jumlah penduduk miskin ekstrem mengalami penurunan, serta Kabupaten Sarolangun mendapatkan penghargaan dana insentif fiskal atas upaya percepatan penghapusan kemiskinan ekstrem.

6. Aspek Layanan Publik: Mall Pelayanan Publik (MPP) telah diresmikan dan mulai memberikan layanan kepada masyarakat. Meskipun belum optimal, upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan terus dilakukan.

7. Aspek Perizinan: Proses perizinan menggunakan OSS-RBA dan Aplikasi Sicantik, dengan total investasi yang cukup besar di berbagai sektor ekonomi.

8. Aspek Kesehatan: Terdapat peningkatan dalam ketersediaan tenaga medis, serta angka harapan hidup dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Sarolangun.

9. Aspek Penyerapan Anggaran: Realisasi belanja daerah meningkat dibandingkan tahun sebelumnya, menunjukkan efisiensi dalam pengelolaan anggaran daerah.

10. Aspek Kegiatan Unggulan: Selama menjabat, Penjabat Bupati Sarolangun telah melaksanakan berbagai kegiatan unggulan yang bertujuan untuk memajukan pembangunan daerah secara menyeluruh, termasuk dalam pengembangan pertanian, pariwisata, dan UMKM, serta penanggulangan kerusakan lingkungan.

Capaian kinerja yang disampaikan dalam laporan tersebut menunjukkan komitmen dan dedikasi yang tinggi dari Pemerintah Kabupaten Sarolangun dalam memajukan daerah tersebut. (IKP-KOMINFO)