img
Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri Resmikan Rumah Layak Huni Bantuan BAZNAS di Desa Perdamaian
  • BH
  • June 04, 2024
  • Pengunjung (100)

SAROLANGUN - Penjabat Bupati Sarolangun, Dr. Ir. Bachril Bakri, M.App, Sc, meninjau sekaligus meresmikan Rumah Layak Huni yang telah selesai dibangun dengan bantuan dari BAZNAS Kabupaten Sarolangun pada Selasa, 4 Juni 2024. Rumah ini diberikan kepada Ibu Zubaidah (40), warga Desa Perdamaian, Kecamatan Singkut.

Dalam acara peresmian tersebut, Pj Bupati Sarolangun didampingi oleh Plh Sekda Sarolangun, Ir. Dedy Hendry, M.Si, Ketua BAZNAS Sarolangun, Drs. Ahmad Zaidan, Camat Singkut, Kepala Desa Perdamaian, Muhajir, serta dinas terkait. Sebelum meresmikan rumah tersebut, Bachril Bakri beserta jajaran melihat kondisi rumah Zubaidah yang sebelumnya sangat memprihatinkan, berlantaikan tanah dan berdindingkan papan, sehingga memang sangat layak untuk menerima bantuan.

Kades Perdamaian, Muhajir, mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Sarolangun dan BAZNAS Sarolangun atas bantuan yang diberikan kepada warganya. "Terima kasih kami ucapkan kepada BAZNAS Sarolangun. Atas nama Pemerintah Desa, kami sambut baik bantuan ini. Kami juga berharap dukungan terus berlanjut dari pemerintah kabupaten, BAZNAS, maupun dinas sosial," katanya.

Ketua BAZNAS Sarolangun, Ahmad Zaidan, menyatakan bahwa pihaknya memang memiliki program pembangunan rumah layak huni bagi masyarakat miskin pada tahun 2024 ini, dengan penerima sebanyak dua rumah. "Ini adalah program pertama tahun ini, dengan dua penerima di Desa Perdamaian dan Desa Gurun Tuo yang saat ini dalam proses. Berdasarkan hasil survei, memang layak menerima bantuan," ujarnya.

Zaidan juga menambahkan bahwa pembangunan rumah layak huni masih membutuhkan bantuan lainnya, seperti instalasi listrik, yang diharapkan bisa dibantu oleh Pemerintah Desa setempat melalui anggaran Dana Desa. "Kami berharap kepala desa bisa membantu untuk instalasi listrik. Kami juga meminta penerima manfaat untuk memanfaatkan bantuan ini dengan baik dan segera pindah ke rumah baru setelah diresmikan," katanya.

Penjabat Bupati Sarolangun, Bachril Bakri, memberikan apresiasi atas dukungan BAZNAS Sarolangun dalam upaya pemerintah menanggulangi kemiskinan ekstrem di wilayah tersebut. "Ini adalah bantuan BAZNAS bersama dengan Pemda untuk upaya penanggulangan kemiskinan. Kami ingin merubah kehidupan masyarakat miskin menjadi lebih baik dengan membangun rumah layak huni," katanya.

Program ini sangat menyentuh masyarakat karena penerima bantuan yang sebelumnya tinggal di rumah berlantaikan tanah dan berdindingkan papan kini mendapatkan rumah layak huni berukuran 4×6 meter persegi. "Kami berharap ini bisa meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan mendukung perkembangan anak-anak mereka. Kami merasa memberikan bantuan ini dengan kualitas yang lebih baik dibandingkan kondisi rumah sebelumnya," tambah Bachril Bakri. (IKP-KOMINFO)