img
Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri Panen Padi Sawah Di Desa Pasar Pelawan, Capai 5,5 Ton Per Hektar
  • BOB
  • November 01, 2023
  • Pengunjung (277)

SAROLANGUN - Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc melakukan panen raya padi sawah bersama kelompok tani Tubas Baru II Di Desa Pasar Pelawan, Kecamatan Pelawan, Rabu (01/10/2023).

Kegiatan tersebut juga sekaligus Gerakan Nasional Ketahanan Pangan tahun 2023 dalam rangka memperingati HUT Ke-78 TNI, yang dihadiri langsung Kasdim 0420/Sarko Mayor Inf Usman.

Selain itu hadir juga Plh Sekda Sarolangun Ir Dedy Hendry, M.Si, Pabung Kodim 0420/Sarko Mayor Inf Abdul Aziz, Danramil 420-02 Muara Limun Kapten INF Zul Abdullah, Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan Masri, SH, Jajaran Dinas TPHP Sarolangun, Camat Pelawan Sibawaihi, SH, MH, Kades Pasar Pelawan, Kades Penegah serta para anggota Kelompok Tani Tunas Baru II.

Usai panen raya padi sawah tersebut, Penambat Bupati Sarolangun Bachril Bakri mengatakan bahwa panen raya padi sawah ini memang bertepatan pada Gerakan Nasional Ketahanan Pangan dalam rangka HUT ke-78 Tahun 2023, yang hasil produksi panen padi sawah ini cukup menjanjikan.

” Hari ini kita melakukan panen raya bersama kodim 0420/Sarko diwakili pak Kasdim, Pabung dan danramil, serta OPD terkait, panen raya padi sawah, kebetulan yang nanam saya bersama bapak wakil gubernur. Alhamdulilah hasilnya bagus,” katanya.

Poto bersama

Dijelaskan Bachril Bakri, di areal persawahan pada kelompok tani Tubas Baru II di Desa Pasar Pelawan ini dapat menghasilkan 5,5 ton padi perhektar dengan total lahan seluas 16 hektar, jadi diperkirakan total hasil panen mencapai kurang lebih 88 ton.

Sebelumnya juga dilakukan panen raya di Desa Penegah yang hasil produksinya juga cukup bagus dengan capaian 4,6 ton perhektar.

” Ini sangat baik sekali dalam rangka mempertahankan ketahanan pangan khususnya beras, yang sebenarnya di indikasi menjadi salah satu potensial inflasi  Dan kita bisa menekan inflasi untuk beras,” katanya.

” Tingkat nasional inflasi beras tinggi dan kita harga beras di Sarolangun lebih rendah dari harga eceran tertinggi yang ditetapkan. Syukur Alhamdulillah, semua kita bisa melakukan panen raya dan bisa kita manfaatkan untuk di Sarolangun, jadi ini adalah salah satu fokus kami meningkatkan produksi beras di Kabupaten Sarolangun,” kata dia menambahkan. (IKP-KOMINFO)