img
Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri Monitoring Budidaya Ikan dan Kambing Di Singkut
  • BOB
  • January 11, 2024
  • Pengunjung (345)

SAROLANGUN - Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc melakukan monitoring terhadap budidaya kambing dan ikan hasil peternakan para petani di Desa Pasar Singkut, Kecamatan Singkut, pada Kamis (11/01/2024). Dalam kunjungannya, Bachril Bakri didampingi oleh Staf Ahli Bupati H Juddin, S.Ag, Kadis Perikanan dan Peternakan Kabupaten Sarolangun Dulmuin, SP, Kabag Kesra Sarolangun Puadi, Babinsa, dan Bhabinkamtibmas setempat.

Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri menyatakan bahwa program budidaya peternakan kambing dan ikan di Desa Pasar Singkut berjalan dengan baik dan memberikan dampak positif pada ekonomi masyarakat. Program ini diharapkan dapat mendongkrak ketahanan dan kemandirian pangan, khususnya pada sektor daging.

Beliau merasa bahagia melihat perkembangan budidaya ikan patin di desa tersebut, terutama dari petani Sutarman yang berhasil mengelola budidaya ikan dengan hasil panen sekitar 9 ton. Harga jual ikan patin yang mencapai Rp 20 ribu per kilogram membuat Sutarman mampu menghasilkan uang sebesar Rp 180 juta dalam waktu enam bulan.

Pj Bupati Sarolangun menyampaikan kebahagiaannya atas hasil panen ikan patin tersebut dan berharap agar hal ini dapat menambah perekonomian masyarakat di Singkut. Ia juga menekankan bahwa program bantuan kambing dan bimbingan teknis diharapkan memberikan manfaat nyata bagi masyarakat setempat.

Sutarman, selaku peternak dan bendahara kelompok tani Muda Karya Desa Pasar Singkut, mengucapkan terima kasih kepada Pj Bupati Sarolangun atas bantuan kambing yang diberikan dalam rangka pengentasan kemiskinan ekstrem dan pengangguran terbuka. Ia menjelaskan bahwa masyarakat di desa tersebut mengembangkan sistem pengembangan, di mana setiap anggota membawa satu ekor kambing dan hasilnya disetorkan ke kelompok untuk pembibitan. (IKP-KOMINFO)