img
Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri Lepas Keberangkatan JCH Sarolangun Tahun 2024
  • BOB
  • June 02, 2024
  • Pengunjung (211)

SAROLANGUN - Pada Minggu, 2 Juni 2024, Penjabat Bupati Sarolangun Dr. Ir. Bachril Bakri, M.App, Sc secara resmi melepas keberangkatan Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Sarolangun tahun 1445 Hijriyah/2024 Masehi. Acara pelepasan yang dilangsungkan di Mesjid As-Sulton Sarolangun ini turut dihadiri oleh berbagai pejabat daerah dan masyarakat setempat.

Dalam acara tersebut, hadir Ketua TP PKK Sarolangun Ny. Indah Dewi Bachril, Plh Sekda Sarolangun Ir. Dedy Hendry, M.Si, Kepala Kemenag Sarolangun Drs. H. M. Syatar, S.Ag, Staf Ahli Bupati Sarolangun H. Muhammad, S.Ag, Kabag Kesra Sarolangun Hb Puadi, S.Ag, Kasatpol PP Sarolangun Drs. Muhammad Idrus, Kasat Lantas Polres Sarolangun AKP Rio Siregar, Kadis Perhubungan Kabupaten Sarolangun, serta sejumlah kepala OPD di lingkungan Pemkab Sarolangun. Tim Pendamping Haji Kabupaten Sarolangun, ratusan JCH, dan ribuan masyarakat Sarolangun juga hadir dalam acara ini.

Keberangkatan JCH ini dilakukan dengan pengamanan ketat oleh aparat gabungan dari Polri, TNI, Satpol PP, Dinas Perhubungan, dan tenaga medis. Pemerintah Kabupaten Sarolangun menyediakan enam unit bus untuk mengangkut para JCH menuju Asrama Haji di Kota Jambi. Sebelum berangkat, para JCH mengikuti pembacaan dan doa talbiyah serta doa keselamatan untuk perjalanan ibadah mereka.

Kepala Kemenag Sarolangun, M. Syatar, menjelaskan bahwa jumlah JCH Kabupaten Sarolangun tahun 2024 mencapai 235 orang. Sebelumnya, jumlah ini adalah 239 orang, namun empat JCH batal berangkat karena satu meninggal dunia dan tiga lainnya sakit. Para JCH diberangkatkan pada pukul 08.00 WIB menuju beberapa lokasi sebelum mencapai Asrama Haji di Kota Jambi.

Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri mengungkapkan kebanggaannya atas peningkatan jumlah JCH dari tahun sebelumnya, yang meningkat dari 197 orang pada tahun 2023 menjadi 235 orang tahun ini. Dia berharap para jamaah dapat melaksanakan ibadah haji dengan lancar, aman, dan sehat, serta mendoakan agar ibadah mereka diterima oleh Allah SWT dan menjadi haji yang mabrur. Bachril Bakri juga berpesan agar para jamaah menjaga nama baik Indonesia, Jambi, dan khususnya Sarolangun selama di tanah suci.

Dalam acara ini, Bachril Bakri bersama rombongan juga bersalam-salaman dengan para JCH dan mengecek kondisi para jamaah yang sudah menaiki bus, memastikan bahwa keberangkatan berlangsung dengan tertib, aman, dan lancar. (IKP-KOMINFO)