img
Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri Lepas Kafilah Sarolangun Ikuti MTQ Provinsi Jambi Ke-53 Tahun 2024
  • BOB
  • September 18, 2024
  • Pengunjung (42)

SAROLANGUN - Penjabat Bupati Sarolangun, Dr. Ir. Bachril Bakri, M.App, Sc, secara resmi melepas keberangkatan Kafilah Kabupaten Sarolangun untuk mengikuti ajang Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Provinsi Jambi ke-53 Tahun 2024 di Kabupaten Kerinci. Acara pelepasan ini berlangsung pada Rabu (18/09/2024) di Rumah Dinas Bupati Sarolangun, dengan dihadiri sejumlah pejabat penting, termasuk Anggota DPRD Sarolangun H. Akmal, Ketua TP PKK Sarolangun Ny. Indah Dewi Pangesti, Pj Sekda Sarolangun Ir. Dedy Hendry, serta Kepala Kemenag Sarolangun Drs. H. M. Syatar.

Kafilah Kabupaten Sarolangun terdiri dari 57 orang, yang meliputi 20 tim kerja, 8 official, dan 29 peserta. Mereka akan berkompetisi dalam delapan dari sebelas cabang lomba, termasuk tilawah, tahfidz Qur’an (1 Juz, 5 Juz, 20 Juz, dan 30 Juz), qiroaat, kaligrafi, serta penulisan karya ilmiah Alquran.

Dalam sambutannya, Bachril Bakri berharap agar para peserta kafilah dapat menunjukkan kemampuan terbaik mereka dan menjaga kesehatan selama kompetisi. Ia juga menekankan bahwa MTQ bukan sekadar ajang syiar Islam, tetapi juga sebagai barometer pembelajaran Alquran di masyarakat, serta upaya untuk memaknai nilai-nilai manfaat dan kemaslahatan yang terkandung dalam Alquran.

Bachril Bakri menyatakan bahwa prestasi yang diraih, baik sebagai juara I, II, maupun III, akan sangat membanggakan bagi Kabupaten Sarolangun. Selain itu, ia juga berharap ajang MTQ ini dapat mendorong semangat umat Islam di Sarolangun untuk lebih giat membangun masyarakat yang berlandaskan pada nilai-nilai Alquran, serta memperkuat kecintaan terhadap kitab suci ini.

Pada MTQ tingkat provinsi tahun 2023, Kabupaten Sarolangun meraih prestasi terbaik di beberapa kategori, termasuk Tilawah Dewasa Putra dan Putri, Hifzil 10 Juz Putra, dan Tafsir Bahasa Indonesia Putri. Untuk tahun ini, Bachril Bakri berharap Sarolangun bisa masuk dalam tiga besar peraih juara umum. 

Ia menegaskan pentingnya bekerja secara sistematis dan penuh kejujuran serta semangat tinggi untuk meraih prestasi yang gemilang di ajang MTQ ini. (IKP-KOMINFO)