img
Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri Launching Sekolah Lansia Kabupaten Sarolangun
  • BOB
  • July 31, 2024
  • Pengunjung (150)

SAROLANGUN - Penjabat Bupati Sarolangun, Dr. Ir. Bachril Bakri, M.App, Sc, meresmikan sekolah lanjut usia di Kabupaten Sarolangun pada Rabu (31/07/2024) bertempat di Kantor Desa Bernai, Kecamatan Sarolangun. Kegiatan ini merupakan langkah nyata dalam implementasi Peraturan Presiden Nomor 88 Tahun 2021 tentang Strategi Nasional Kelanjutusiaan, yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan kualitas hidup lansia.

Sekolah Lansia ini dibentuk sebagai bagian dari Program Bina Keluarga Lansia (BKL) dengan tujuan mempersiapkan para lansia agar menjadi pribadi yang SMART: Sehat, Mandiri, Aktif, Produktif, Bermartabat, dan Bahagia. Program ini juga bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi lansia, di mana saat ini baru 22,48% dari lansia yang ada di Kabupaten Sarolangun mendapatkan pelayanan kesehatan.

Konsep dasar yang dikembangkan dalam Sekolah Lansia adalah Pendidikan sepanjang hayat (Long Life Education), di mana pendidikan tidak berhenti di usia dewasa, tetapi berlangsung sepanjang hidup. Di Desa Bernai, program ini melibatkan 32 lansia yang akan mengikuti pendidikan dan pelatihan dari pukul 08.00 hingga 10.00 WIB dengan menggunakan seragam khusus.

Penjabat Bupati Sarolangun berharap bahwa dengan adanya sekolah lansia ini, para lansia dapat lebih mandiri, sejahtera, dan menjalani masa tua dengan bahagia. Bachril Bakri juga mengungkapkan bahwa program ini akan diperluas ke setiap kecamatan di Kabupaten Sarolangun.

Acara launching ditandai dengan pemukulan gong oleh PJ Bupati Sarolangun, yang didampingi oleh Kepala BKKBN Provinsi Jambi dan Plt Kepala DPPKB Sarolangun. Bachril Bakri menekankan bahwa pendidikan bagi lansia tidak hanya terkait aspek kesehatan fisik, tetapi juga mencakup aspek sosial, psikologis, ekonomi, dan spiritual, yang sejalan dengan konsep sukses dalam penuaan (successful ageing).

Dengan adanya sekolah lansia ini, diharapkan dapat menjadi solusi dalam mengatasi tantangan yang dihadapi oleh lansia, serta meningkatkan kualitas hidup mereka di masa tua. (IKP-KOMINFO)