img
Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri Lakukan Gerakan Tanam Cepat Panen Cabe Merah Di Areal Laboratorium Inflasi Daerah
  • BOB
  • May 06, 2024
  • Pengunjung (74)

SAROLANGUN - Dalam upaya mewujudkan ketahanan pangan serta mengendalikan inflasi daerah, Penjabat Bupati Sarolangun, Dr. Ir. Bachril Bakri, M.App, Sc, kembali melakukan Gerakan Tanam Cepat Panen pada tanaman cabe merah. Kali ini kegiatan tersebut dilakukan di areal laboratorium Inflasi Daerah Kabupaten Sarolangun, yang terletak di Desa Pelawan, Kecamatan Pelawan, pada Senin (06/05/2024) sore.

Gerakan tanam cepat panen ini dilakukan bersama kelompok tani Sehati Desa Pelawan, dengan dihadiri Plh Sekda Sarolangun Ir. Dedy Hendry, M.Si, Kadis LHD Sarolangun Kurniawan, ST, Kadisnakan Dulmuin, SP, Kepala Inspektorat Sarolangun Henriman, S.Sos, serta sejumlah pejabat dan penyuluh pertanian lainnya.

Penjabat Bupati Sarolangun, Bachril Bakri, menjelaskan bahwa gerakan ini dilakukan di lahan seluas 1 hektar dari total luas lahan areal laboratorium inflasi daerah yang mencapai 3 hektar. Tujuannya adalah untuk mengendalikan harga cabe dan memenuhi himbauan dari Mendagri agar daerah-daerah melakukan penanaman cabe. Diharapkan dalam waktu tiga bulan ke depan, hasil panen cabe merah ini dapat dinikmati.

"Pemerintah kabupaten Sarolangun akan terus melakukan Gerakan Tanam Cepat Panen, bukan hanya pada komoditi Cabe Merah, namun juga pada Padi hingga Bawang Merah. Tahun ini, kami berencana menanam cabe merah seluas 100 hektar bersama dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (TPHP) Sarolangun," ungkapnya.

Bachril Bakri menegaskan bahwa sudah banyak kegiatan tanam cepat panen yang telah dilakukan di wilayah Sarolangun, dan hal ini menjadi salah satu upaya konkret dalam menghasilkan produksi pangan yang memadai serta menjaga stabilitas harga di pasar lokal. (IKP-KOMINFO)