img
Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri Lakukan Gerakan Tanam Cabe Merah Bersama Poktan Sako Mandiri Di Aur Gading
  • BOB
  • July 09, 2024
  • Pengunjung (127)

SAROLANGUN - Penjabat Bupati Sarolangun Dr. Ir. Bachril Bakri, M.App, Sc memimpin Gerakan Tanam Cepat Panen tanaman cabe merah bersama Kelompok Tani Sako Mandiri di Kelurahan Aur Gading, Kecamatan Sarolangun. Acara ini dihadiri oleh sejumlah pejabat dan tokoh penting, termasuk Plh Sekda Sarolangun Ir. Dedy Hendry, M.Si, Kadis TPHP Sarolangun Dulmuin, SP, Kadis Ketahanan Pangan Efrianto, Ketua BAZNAS Sarolangun Ahmad Zaidan, Kepala BPS Sarolangun, Danramil 420-04 Sarolangun Mayor Inf Abdul Aziz, dan Pimpinan Bank Jambi Cabang Sarolangun M. Ridwan, SE.

Hadir pula Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kabupaten Sarolangun, Camat Sarolangun Bustra Desman, SE, MM, Lurah Aur Gading Thoriq Kurniawan, Kabag Prokopim Setda Sarolangun Deni Subhan, jajaran pejabat di Dinas TPHP Sarolangun, serta penyuluh pertanian dan anggota Kelompok Tani Sako Mandiri.

Setelah penanaman cabe merah, Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri menjelaskan kepada media bahwa penanaman dilakukan di atas lahan seluas 2 hektar dengan melibatkan kelompok tani Sako Mandiri dan menanam sebanyak 20.000 bibit cabe. Diperkirakan, dalam waktu tiga bulan, panen cabe akan mencapai 20 ton, dengan satu batang cabe menghasilkan sekitar 1 kilogram.

"Pada tahun 2024, kami sudah menanam cabe di lahan seluas 18 hektar, dan jika dihitung sejak tahun 2023, luas lahan yang sudah ditanami cabe mencapai 75 hektar," ujar Bachril Bakri.

Kegiatan ini juga merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Sarolangun untuk mensosialisasikan pentingnya menanam cabe sebagai tanaman unggulan di Kabupaten Sarolangun. Selain itu, langkah ini juga bertujuan untuk mengendalikan inflasi daerah, menjaga stabilitas harga cabe, dan memastikan ketersediaan cabe di pasar sehingga harga tetap stabil setiap minggunya.

"Indeks perkembangan harga di Kabupaten Sarolangun minggu ini berada di bawah rata-rata, dan kami berharap harga cabe tidak mengalami kenaikan di wilayah Sarolangun," tambahnya.

Dengan gerakan ini, Pemerintah Kabupaten Sarolangun berharap dapat mendorong masyarakat untuk menanam cabe merah sebagai salah satu cara untuk meningkatkan ekonomi lokal dan menjaga stabilitas harga pangan di daerah. (IKP-KOMINFO)