img
Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri Ikuti Rapat Paripurna Sidang Tahunan MPR-RI dan Pidato Kenegaraan Presiden RI dalam rangka HUT RI Ke-78
  • BOB
  • August 16, 2023
  • Pengunjung (193)

SAROLANGUN - Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc menghadiri rapat paripurna DPRD Kabupaten Sarolangun dalam agenda sidang tahunan MPR-RI dan Pidato Kenegaraan Presiden RI dalam rangka HUT RI Ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia dalam sidang bersama DPR-RI dan DPD-RI, yang dilaksanakan dalam sidang paripurna DPRD Kabupaten Sarolangun, Rabu (16/08/2023) pagi sekitar pukul 10.00 Wib di gedung DPRD Sarolangun.

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Sarolangun Tontawi Jauhari, SE, M.Pd didampingi Wakil Ketua I DPRD Sarolangun Aang Purnama, SE, Wakil Ketua II DPRD Sarolangun Syahrial Gunawan, SE, yang berjalan dengan lancar.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolres Sarolangun AKBP Imam Rachman, S.IK, Dandim 0420/Sarko Letkol Inf Amaraldo Cornelius, Jajaran forkompinda Sarolangun, Sekda Sarolangun Ir Endang Abdul Naser, Kepala Kemenag Sarolangun Drs H M Syatar, S.Ag, Penjabat Ketua TP PKK Sarolangun Ny Indah Dewi Bachril, Para Anggota DPRD Sarolangun, Para Staf Ahli Bupati dan Asisten Setda Sarolangun, Para Kepala OPD Di lingkungan Pemkab Sarolangun dan unsur tripika Kecamatan.

Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri mengatakan bahwa mendengarkan pidato kenegaraan Presiden RI Ir Joko Widodo merupakan hal yang sangat penting sekaligus dalam peringatan HUT Kemerdekaan RI yang ke-78 Tahun 2023, dimana tentunya sejumlah arahan telah disampaikan oleh presiden RI yang ketujuh tersebut.

Diantaranya, Presiden RI Jokowi dalam pidatonya itu, bahwa Negara Indonesia saat ini punya peluang besar untuk meraih Indonesia emas di tahun 2045, dan meraih posisi di lima besar untuk kekuatan ekonomi di dunia, hanya saja tinggal apakah seluruh lapisan mau memfokuskan energi untuk bergerak maju, bukan untuk menghabiskan energi yang bergerak mundur.

” 68 persen usia produktif adalah kunci keberhasilan kita menuju Indonesia emas 2045. Momentum presidensi G-20, kesuksesan Indonesia menghadapi krisis Indonesia dalam tiga tahun terakhir telah mendongkrak Indonesia ke dalam percaturan dunia,” kata Jokowi.

“Indonesia sebagai mode Power of Asia, dan Indonesia termasuk yang mengalami kenaikan komprehensif ekonomi of power.
Dengan internasional trust yang tinggi, kredibilitas kita akan lebih tinggi, peluang tersebut harus dapat kita manfaatkan, rugi kita kalau tidak bisa memanfaatkan kesempatan ini, maka dari srartegis pertama kita harus mempersiapkan sumber daya manusia, dan kita telah Menurunkan angka stunting menjadi 21,46 persen tahun 2022, Indeks Pembangunan Manusia sebesar 72,9 di tahun 2022,” kata dia menambahkan.

Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc

Dikatakan Bachril Bakri, terlalu apa yang disampaikan oleh Bapak Presiden RI tersebut, pihaknya Pemerintah Daerah Kabupaten Sarolangun beserta jajaran forkompinda Sarolangun akan menindaklanjuti apa yang telah menjadi arahan Bapak Presiden.

Bagaimana Negara Indonesia harus menjadi negara yang juga mampu mengolah sumber daya dan mampu memberikan nilai tambah serta mampu mensejahterakan rakyatnya, ini bisa dilakukan dengan hilirisasi, yakni melakukan transfer tekhnologi, memanfaatkan energi baru dan terbarukan serta meminimalisir dampak lingkungan.

” Kita di daerah saat ini juga tengah melakukan upaya penurunan Stunting, penanganan inflasi dan pengentasan kemiskinan ekstrem, dan tentu kita akan siap mendukung program strategis nasional,” katanya. (*)