img
Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri Hadiri Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Bersama Pers
  • BOB
  • September 11, 2024
  • Pengunjung (60)

SAROLANGUN - Penjabat Bupati Sarolangun, Dr. Ir. Bachril Bakri, M.App, Sc, menghadiri kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif bersama pers dalam rangka mewujudkan Pilkada damai, aman, dan berintegritas di Kabupaten Sarolangun, Rabu (11/09/2024) di Aula Nafiti Hotel Sarolangun. Acara ini bertujuan memperkuat peran semua elemen masyarakat dalam pengawasan Pilkada, termasuk insan pers, ASN, serta lembaga terkait seperti KPU dan Bawaslu.

Bachril Bakri menekankan pentingnya pengawasan partisipatif, dengan melibatkan seluruh unsur masyarakat, termasuk insan pers, tokoh adat, dan aparatur negara. Menurutnya, Bawaslu tidak dapat bekerja sendirian dalam mengawasi jalannya pemilu, sehingga partisipasi masyarakat sangat dibutuhkan untuk menciptakan demokrasi yang sehat dan berintegritas. Ia juga menyoroti peran media sebagai alat kontrol dan penyebar informasi, yang dapat membentuk opini publik dan menjaga netralitas penyelenggaraan pemilu.

Kabupaten Sarolangun termasuk daerah rawan dalam pelaksanaan pemilu, berdasarkan empat indikator: tahap pencalonan, kampanye, politik uang, dan netralitas ASN. Dalam sosialisasi ini, Bachril mengingatkan pentingnya sinergi antara tujuh elemen, yaitu KPU, Bawaslu, pemerintah daerah, aparat keamanan, partai politik, media, dan masyarakat, untuk memastikan Pilkada berjalan damai dan aman.

Dalam acara tersebut, seluruh peserta termasuk Bupati, jajaran pemerintah, dan tokoh-tokoh terkait menandatangani pakta integritas sebagai bentuk komitmen bersama untuk mewujudkan Pilkada yang aman, damai, serta berintegritas di Kabupaten Sarolangun. Bachril juga berharap partisipasi pemilih pada Pilkada serentak tahun 2024 dapat mencapai 83%. (IKP-KOMINFO)