img
Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri Hadiri Puncak Peringatan Hari Otonomi Daerah Ke-XXVIII Tahun 2024
  • BOB
  • April 25, 2024
  • Pengunjung (17)

SAROLANGUN - Penjabat Bupati Sarolangun, Dr. Ir. Bachril Bakri, M.App, Sc, turut hadir dalam upacara puncak peringatan Hari Otonomi Daerah XXVIII Tahun 2024 dengan tema “Otonomi Daerah Berkelanjutan Menuju Ekonomi Hijau dan Lingkungan yang Sehat” di Balaikota Surabaya, Kota Surabaya, Jawa Timur, pada Kamis (25/04/2023).

Acara ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Otonomi Daerah XXVIII Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. Pada tahun ini, Kota Surabaya dipilih sebagai pusat pelaksanaan kegiatan tersebut.

Menteri Dalam Negeri, Muhammad Tito Karnavian, bertindak sebagai Inspektur upacara. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa peringatan Hari Otonomi Daerah merupakan momen penting untuk melakukan evaluasi, koreksi, dan introspeksi terhadap implementasi otonomi daerah selama 28 tahun terakhir.

Beliau menjelaskan bahwa otonomi daerah adalah hak dan kewenangan daerah otonom untuk mengatur dan mengurus urusan pemerintahan dalam sistem Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), sesuai dengan UU Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah dan prinsip-prinsip dasar dalam Pasal 18 UUD 1945. Otonomi daerah dirancang untuk mencapai dua tujuan utama, yaitu kesejahteraan dan demokrasi.

Pada acara peringatan Hari Otonomi Daerah ini, juga dibacakan Keputusan Presiden RI nomor 24/TK/tahun 2024 tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha. Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha diberikan kepada 15 kepala daerah berprestasi, terdiri dari satu gubernur dan 14 bupati/wali kota.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut para Gubernur se-Indonesia, Bupati, dan Walikota se-Indonesia, Forkopimda Surabaya, serta para camat dan lurah se-Kota Surabaya. Acara tersebut menjadi momentum penting dalam memperkuat konsep otonomi daerah serta membangun sinergi antara pemerintah daerah di seluruh Indonesia. (IKP-KOMINFO)