img
Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri Dampingi Gubernur Jambi Hadiri Peresmian dan Pelantikan Pj Kades Desa Persiapan Sido Mukti
  • BOB
  • September 18, 2024
  • Pengunjung (36)

SAROLANGUN - Penjabat Bupati Sarolangun, Dr. Ir. Bachril Bakri, M.App, Sc, mendampingi Gubernur Jambi, Dr. H. Alharis, S.Sos, MH, dalam peresmian Desa Persiapan Sido Mukti di Kecamatan Singkut dan melantik Penjabat Kepala Desa Persiapan Sido Mukti pada Rabu (18/09/2024). Acara ini dihadiri oleh berbagai pejabat daerah, termasuk Pj Sekda Sarolangun, Ir. Dedy Hendry, M.Si, jajaran forkopimda Sarolangun, serta sejumlah kepala OPD baik dari Pemprov Jambi maupun Pemkab Sarolangun, Camat Singkut, dan masyarakat setempat.

Dalam sambutannya, Bachril Bakri menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Jambi atas peresmian Desa Persiapan Sido Mukti, yang merupakan pemekaran dari Desa Pasar Singkut. Ia juga mengucapkan selamat kepada Penjabat Kepala Desa Persiapan Sido Mukti yang baru saja dilantik, berharap agar amanah besar ini dapat dijalankan dengan baik.

Peresmian desa ini berdasarkan Peraturan Bupati Nomor 32 Tahun 2024 tentang Pembentukan Desa Persiapan Sido Mukti, sementara pelantikan Penjabat Kepala Desa berdasarkan Surat Sekretaris Daerah Provinsi Jambi Nomor 400.10.01/303/DP3AP2-4.1/VII/2024. Bachril Bakri menegaskan bahwa Desa Persiapan Sido Mukti kini memiliki kewenangan penuh dalam penyelenggaraan pemerintahan desa, pembangunan, pembinaan masyarakat, serta pemberdayaan berdasarkan hak asal usul dan adat istiadat desa.

Gubernur Jambi, Alharis, dalam arahannya meminta Penjabat Kepala Desa untuk bekerja sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan. Ia juga menekankan pentingnya melibatkan masyarakat dalam menyusun rencana pembangunan desa dan mengelola anggaran desa dengan transparan, akuntabel, serta disiplin. Gubernur juga berharap Desa Persiapan Sido Mukti dapat menjadi desa definitif sebelum tiga tahun.

Selain itu, Alharis mengajak seluruh masyarakat Desa Persiapan Sido Mukti dan Desa Pasar Singkut untuk saling bekerja sama dalam mewujudkan desa yang definitif, dan berharap kepala desa yang baru dilantik dapat menjalankan tugas dengan baik untuk kemajuan desa. (IKP-KOMINFO)