img
Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri Buka Sosialisasi Kebutuhan Jabatan Fungsional Statistisi dan Pranata Komputer
  • BOB
  • July 10, 2024
  • Pengunjung (82)

SAROLANGUN - Penjabat Bupati Sarolangun, Dr. Ir. Bachril Bakri, M.App, Sc, membuka kegiatan sosialisasi Kebutuhan Jabatan Fungsional Statistisi dan Pranata Komputer dalam rangka Penguatan Statistik Sektoral Menuju Satu Data Indonesia Kabupaten Sarolangun yang Berkualitas pada Rabu (10/07/2024) di Ruang Pola Kantor Bupati Sarolangun.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Plh Sekda Sarolangun Ir. Dedy Hendry, M.Si, Kepala Biro SDM BPS RI Dr. Eni Lestariningsih, S.Si., M.A, Kepala Bagian Umum BPS Provinsi Jambi, Kepala BPS Sarolangun, Kadis Kominfo Sarolangun H. Ahmad Nasri, SH, para Kepala OPD di lingkungan Pemkab Sarolangun, serta para peserta sosialisasi dari seluruh jajaran instansi pemerintah daerah.

Kepala Biro SDM BPS RI, Dr. Eni Lestariningsih, menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di bidang statistik dan pranata komputer di seluruh instansi pemerintah daerah, sehingga program-program yang dijalankan dapat lebih tepat sasaran dan berbasis data.

"Setiap kebijakan dan pengambilan keputusan yang dilakukan Pemda harus berbasis data supaya tepat sasaran. Semua perencanaan dan kebijakan ini potretnya adalah dari data, yang menunjukkan gap dan intervensi yang diperlukan," ujar Eni Lestariningsih.

Ia menambahkan bahwa peningkatan SDM di bidang statistik sangat penting. "Mindset dari SDM harus sadar statistik, peduli data, dan cinta pada data, dimana penyediaan SDM dan peningkatan kompetensinya serta membangun SDM menjadi motor utama," tambahnya.

Penjabat Bupati Sarolangun, Bachril Bakri, menyatakan bahwa penyelenggaraan statistik sektoral daerah oleh pemerintah daerah dilaksanakan berdasarkan ketentuan Pasal 9 Peraturan Pemerintah Nomor 38 Tahun 2007 dan Peraturan Kepala BPS Nomor 9 Tahun 2009 tentang Penyelenggaraan Statistik Sektoral oleh Pemerintah Daerah.

"Sosialisasi ini bertujuan untuk pengembangan kapasitas bagi para pranata komputer dan kepala dinas di Kabupaten Sarolangun. Terima kasih kepada BPS yang telah memberikan materi. Kami akan melakukan pengembangan kapasitas SDM dan melatih tenaga statistik dan komputer di dinas untuk mengelola data dengan baik," ujar Bachril Bakri.

Menurut database kepegawaian Kabupaten Sarolangun, saat ini Pemkab Sarolangun memiliki satu pejabat fungsional statistisi pada jenjang Ahli Muda, sepuluh fungsional pranata komputer trampil, lima belas fungsional pranata komputer Ahli Pertama, lima fungsional pranata komputer Ahli Muda, dan tiga jabatan pelaksana Ahli Pertama Pranata Komputer.

"Keterbatasan SDM yang mempunyai kompetensi statistik menjadi persoalan dalam penguatan statistik sektoral daerah. Berbagai upaya telah kami lakukan melalui kerjasama dan kolaborasi peningkatan kapasitas aparatur dengan BPS Kabupaten Sarolangun," jelas Bachril Bakri.

Saat ini, Indeks Pembangunan Statistik (IPS) Kabupaten Sarolangun atas Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) Tahun 2022 berada pada poin 1,17 (Predikat Kurang), dengan target indeks pembangunan statistik pada poin 2,6 (Predikat Baik) untuk tahun 2023.

Beberapa indikator yang belum terpenuhi dalam EPSS Tahun 2023 antara lain pada domain SDM yang memadai dan kapabel. "Dalam melaksanakan tugas dan fungsi, kita harus membangun data yang dibutuhkan sehingga bisa membuat kebijakan yang baik. Kita juga akan membuat pelatihan untuk meningkatkan kemampuan dan kapasitas SDM yang paham statistik dan komputer," kata Bachril Bakri.

"Kita harus membangun satu data di tingkat kabupaten yang merupakan bagian dari satu data nasional. Saya minta dinas Kominfo sebagai wali data untuk bertanggungjawab meningkatkan indeks pembangunan statistik," tambahnya.

Bachril Bakri berharap seluruh peserta kegiatan ini dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan baik sehingga tujuan dari penyelenggaraan kegiatan ini dapat tercapai serta dapat melaksanakan urusan pemerintahan bidang statistik dengan maksimal.

"Dengan mengucapkan Bismillahirrohmanirrohiim, kegiatan Sosialisasi Kebutuhan Jabatan Fungsional Statistisi dan Pranata Komputer dalam rangka Penguatan Statistik Sektoral Menuju Satu Data Indonesia Kabupaten Sarolangun yang Berkualitas secara resmi saya nyatakan dibuka," pungkasnya. (IKP-KOMINFO)