img
Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri Buka Musrenbang RKPD Kabupaten Sarolangun Tahun 2025
  • BOB
  • March 20, 2024
  • Pengunjung (44)

SAROLANGUN - Pemerintah Kabupaten Sarolangun melaksanakan kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Sarolangun tahun 2025, pada hari Rabu, 20 Maret 2024, di ruang Pola Kantor Bupati Sarolangun.

Kegiatan tersebut dibuka oleh Penjabat Bupati Sarolangun, Dr. Ir. Bachril Bakri, M.App, Sc, dan berlangsung dengan lancar. Turut hadir Dirjen Kemendagri RI, Ir. Suprayitno, MA, melalui zoom meeting dari Jakarta, Wakil Ketua II DPRD Sarolangun, Syahrial Gunawan, SE, Sekretaris Bappeda Provinsi Jambi, dan Pj Sekda Sarolangun, Ir. Dedy Hendry, M.Si. Selain itu, hadir juga Plt Kepala Bappeda Sarolangun, Hazrian, SE, M.Si, Ketua Komisi I DPRD Sarolangun, Drs H. Fahrul Rozi, M.Si, Pabung Kodim 0420/Sarko Mayor CHK Dedy Afrizal, serta jajaran forkopimda, para kepala OPD, sekretaris Bappeda Sarolangun Hj Maria Susanti, SE, Kabid PPEPD Muhamad Ihsan, para camat, Pimpinan Bank Jambi Cabang Sarolangun, Ridwan, serta sejumlah tokoh masyarakat, ormas, dan OKP.

Dalam laporannya, Plt Kepala Bappeda Sarolangun, Hazrian, menyatakan bahwa Musrenbang RKPD Kabupaten Sarolangun bertujuan untuk menyusun RKPD tahun 2025, dengan memenuhi amanat UU nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional dan Permendagri nomor 86 tahun 2017 tentang tata cara evaluasi, pengendalian pembangunan Pemerintah Daerah.

Hazrian menjelaskan bahwa rangkaian kegiatan perencanaan pembangunan telah dilaksanakan sejak awal tahun 2024, yang dimulai dari Musrenbang desa/kelurahan, Musrenbang kecamatan dengan menghasilkan sebanyak 1.243 usulan dari masing-masing kecamatan, forum konsultasi publik, forum gabungan perangkat daerah, forum pokir DPRD, dan tahapan terakhir proses perencanaan penyusunan RKPD tahun 2025 adalah kesepakatan Musrenbang RKPD Kabupaten Sarolangun.

"Pelaksanaan Musrenbang RKPD merupakan forum antar pemangku kepentingan guna membahas rencana RKPD dan wahana antar pihak yang langsung atau tidak langsung mendapatkan manfaat dari kegiatan pembangunan daerah sebagai perwujudan partisipasi dalam perencanaan pembangunan daerah," ungkapnya.

Sementara itu, Pj Bupati Sarolangun, Bachril Bakri, menyatakan bahwa dalam perencanaan pembangunan daerah, tidak ada satu rupiah pun di dalam APBD tanpa adanya perencanaan. Oleh karena itu, penyusunan RKPD memakan waktu yang lama dengan memperhatikan kemampuan keuangan daerah dalam APBD Kabupaten Sarolangun yang sangat terbatas, sehingga dalam proses penyusunan RKPD ini harus memperhatikan skala prioritas.

"Mana yang bisa diusulkan ke provinsi dan mana yang bisa diusulkan ke pusat, dan nanti kita menyelaraskan program Pemerintah Daerah dengan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Pusat," jelasnya.

Bachril Bakri juga menyebutkan bahwa pada tahun 2023 terdapat perbaikan capaian, yaitu meningkatkan angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM) sebesar 0,4 poin dari 70,89 menjadi 71,29, penurunan angka pengangguran terbuka sebesar 0,11 persen dari 5,22 persen menjadi 5,09 persen, serta kenaikan Angka Harapan Hidup (AHH) dari 69,46 tahun menjadi 69,70 tahun. Tema RKPD tahun 2025 adalah akselerasi pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan dalam merangkai mewujudkan pertumbuhan ekonomi hijau.

Selain itu, arah kebijakan pembangunan Sarolangun tahun 2025 meliputi percepatan penurunan stunting, pengendalian inflasi, pengangguran terbuka, dan penurunan kemiskinan ekstrem, pengembangan dan peningkatan produk pertanian, tanaman pangan, dan hortikultura, peningkatan investasi daerah dan Pendapatan Asli Daerah (PAD), pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), percepatan pembangunan wilayah kecamatan, penanggulangan dan pencegahan kerusakan lingkungan, serta pembinaan dan pemberdayaan Suku Anak Dalam (SAD).

"Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, kegiatan Musrenbang RKPD Kabupaten Sarolangun tahun 2025 saya nyatakan dibuka," pungkasnya.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan penyerahan piagam penghargaan kepada pelaksana Musrenbang kecamatan terbaik dan pelaksana inovasi daerah terbaik, serta dialog interaktif serta penandatanganan berita acara kesepakatan bersama dalam Musrenbang RKPD Kabupaten Sarolangun tahun 2025. (IKP-KOMINFO)