img
Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri Buka Bimtek Pemberdayaan Unit Kearsipan SKPD Tahun 2023
  • BOB
  • November 02, 2023
  • Pengunjung (65)

SAROLANGUN - Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc membuka secara langsung kegiatan Bimbingan Teknis Pemberdayaan Unit Kearsipan di lingkungan Perangkat Daerah/SKPD Kabupaten Sarolangun Tahun 2023, Kamis (02/11/2023) di Ruang Aula Bappeda Sarolangun.

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kabupaten Sarolangun dalam rangka peningkatan SDM dalam pengelolaan unit kearsipan di seluruh jajaran Perangkat Daerah.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Plh Sekda Sarolangun Ir Dedy Hendry, M.Si, Kepala DPAD Sarolangun H A Waldi Bakri, S.IP, S.Sos, MM, Narasumber dari Dinas Kearsipan Provinsi Jambi, Kadis Dukcapil Sarolangun Riduan, S.STP, ME, Plt Kepala Bappeda Sarolangun Hj Maria Susanti, SE, Kasat Pol PP Sarolangun Drs Muhammad Idrus, Kepala DPPKB Sarolangun Linda Novita Herawati, Kalaksa BPBD Sarolangun Solahuddin Nopri.

Selain itu hadir juga Kepala DP3A Sarolangun dr Irwan Mizwar, M.KM, Kepala BPPRD Sarolangun Emalia Sari, SE, Kadiskanak Sarolangun Dulmuin, Sekretaris DPAD Sarolangun Syamsurizal, SE, Sekretaris Dinas Nakertrans, Para kasubbag umum Perangkat Daerah dan Unit kearsipan dari jajaran Perangkat Daerah.

Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc

Pada kesempatan tersebut, Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri mengatakan bahwa unit kearsipan yang ada di lingkungan Perangkat Daerah harus dapat diberdayakan secara maksimal, sebab kearsipan ini merupakan sumber informasi dan pusat ingatan dalam melakukan kegiatan perencanaan, penganalisaan, perumusan kebijakan, pengambilan keputusan, pembuatan laporan, penilaian, pengendalian dan pertanggungjawaban dengan setepat-tepatnya

” Kearsipan kita di lingkungan OPD harus diberdayakan, yang diawali dengan Pemberdayaan pengelola kearsipan. Dan sangat penting sekali bagi perangkat daerah dalam mengelola kearsipan. Fungsi Arsip itu menyampaikan banyak hal, sebagai sumber informasi dan saya berharap di Sarolangun pengelolaan arsipnya semakin baik terutama seluruh jajaran perangkat daerah di lingkungan Pemkab Sarolangun,” katanya.

Bachril Bakri juga menjelaskan melalui kegiatan ini tentu diharapkan agar seluruh ukir kearsipan perangkat daerah dapat memahami betul pengelolaan kearsipan, apalagi saat ini telah ada aplikasi Srikandi atau sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi yang dikelola oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah.

” Harus terjaga dalam aplikasi Srikandi, dan diharapkan mengurangi permasalahan kearsipan kedepan. Penting juga dipahami kewenangan pengelolaan kearsipan daerah, baik pengelolaan kearsipan dinamis dan pengelolaan kearsipan statis. Pemusnahan arsip juga boleh dilakukan, sesuai dengan batasan waktu tertentu. Jadi kami harap nanti kearsipan kita ini semakin baik,” katanya.

Ia juga meminta peran serta seluruh kepala SKPD dalam pengelolaan kearsipan dengan baik, bagaimana menata dengan baik pada bidang kearsipan ini untuk bisa menyamakan persepsi dan tujuan bersama dalam pengelolaan arsip Daerah.

” Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim kegiatan pemilihan duta baca Kabupaten Sarolangun tahun 2023 secara resmi saya nyatakan dibuka,” katanya.

Poto bersama

Dalam kegiatan tersebut Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri juga melakukan sesi Poto bersama dengan seluruh jajaran kepala OPD, Narasumber dan peserta kegiatan dan diakhiri dengan pemaparan materi dari para narasumber. (IKP-KOMINFO)