img
Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri Buka Bimtek Pelatihan Anyaman Dari Pandan dan Rumbai
  • BOB
  • June 10, 2024
  • Pengunjung (26)

SAROLANGUN - Penjabat Bupati Sarolangun, Dr. Ir. Bachril Bakri, M.App.Sc, membuka secara langsung Bimbingan Teknis Penumbuhan Wirausaha Baru Souvenir Anyaman dari Pandan dan Rumbai pada Senin (10/06/2024) di Kantor Dekranasda Kabupaten Sarolangun.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kadis Perindag, UMKM, dan Koperasi Kabupaten Sarolangun, Drs. Muslihadi, M.Pd.I, perwakilan Dekranasda Provinsi Jambi, Kabid Industri Imron, S.STP, Ketua Dekranasda Kabupaten Sarolangun beserta jajarannya, serta peserta pelatihan pembuatan anyaman pandan dan rumbai.

Penjabat Bupati Sarolangun, Bachril Bakri, menyambut baik program pelatihan anyaman pandan dan rumbai ini dalam rangka menumbuhkan wirausaha baru bagi masyarakat Sarolangun, khususnya ibu-ibu, dalam membuat souvenir dari hasil kerajinan tangan anyaman.

“Kita membuka Bimtek pelatihan pembuatan anyaman pandan dan rumbai untuk pengembangan usaha bagi masyarakat, khususnya ibu-ibu. Ini adalah bantuan pemerintah pusat kepada pemerintah provinsi yang digelar di Kabupaten Sarolangun,” katanya.

Bachril Bakri juga menyebutkan bahwa kerajinan anyaman pandan adalah salah satu bentuk teknologi tradisional yang dimiliki masyarakat, di mana daun pandan tidak hanya digunakan untuk aroma makanan, tetapi juga sebagai bahan baku kerajinan.

“Kerajinan dari daun pandan ini, setelah dianyam, bisa dibentuk menjadi aneka jenis kerajinan seperti tikar, tas, sajadah, dompet, topi, gantungan kunci, kipas, tempat tisu, dan lain-lain,” katanya.

“Kita berharap dengan adanya pemahaman tentang cara menganyam, masyarakat bisa menambah pendapatan ekonomi dan memajukan UMKM melalui penganyaman pandan dan rumbai,” tambahnya.

Dalam kegiatan tersebut, Penjabat Bupati Sarolangun, Bachril Bakri, juga melihat langsung pelatihan anyaman dari pandan dan rumbai yang diakhiri dengan foto bersama. (IKP-KOMINFO)