img
Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri Buka Bimtek Implementasi OSS-RBA Tentang Kemitraan
  • BOB
  • February 29, 2024
  • Pengunjung (224)

SAROLANGUN - Penjabat Bupati Sarolangun, Dr. Ir. Bachril Bakri, M.App, Sc, menghadiri dan membuka secara resmi kegiatan Bimbingan Teknis/Sosialisasi Implementasi Perizinan Berusaha Berbasis Risiko (OSS-RBA) dan Pengawasan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko serta Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) pada kegiatan pengendalian pelaksanaan penanaman modal. Acara tersebut berlangsung pada Kamis (29/02/2024) di Aula Golden Hotel Sarolangun.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sarolangun, Sahrudin Muis, SE, MM, serta beberapa pejabat terkait dan narasumber dari Pimpinan Bank BPD Jambi Cabang Sarolangun, dan diikuti oleh para pelaku usaha PMA/PMDN, kelompok tani, UMKM, dan koperasi se-Kabupaten Sarolangun.

Sahrudin Muis, Kepala DPMPTSP Sarolangun, menyampaikan ucapan terima kasih dan selamat datang kepada narasumber serta peserta kegiatan. Dia berharap acara ini dapat memberikan manfaat besar bagi semua peserta dalam membangun dan memajukan Kabupaten Sarolangun.

Kegiatan ini merupakan langkah dalam implementasi Peraturan Pemerintah Nomor 5 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko dan Peraturan Menteri Investasi/BKPM Nomor 5 Tahun 2021 tentang Pedoman dan Tata Cara Pengawasan Perizinan Berusaha Berbasis Risiko.

Bachril Bakri, Pj Bupati Sarolangun, menekankan bahwa pada tahun 2024, sebelum dilakukan kegiatan pengawasan terhadap pelaku usaha, akan dilakukan pemberitahuan melalui aplikasi Online Single Submission Risk-Based Approach (OSS-RBA) kepada Pelaku Usaha PMA dan PMDN. Pengawasan ini akan dilakukan berdasarkan pendekatan berbasis Risiko, dengan target awal 15 perusahaan, namun tidak menutup kemungkinan akan dilakukan pengawasan melebihi target tersebut.

Dalam kesempatan ini, Bachril Bakri juga menyampaikan bahwa Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) merupakan tanggung jawab yang harus dipenuhi oleh pelaku usaha, yang melaporkan perkembangan realisasi investasi secara berkala.

Pada akhir acara, dilakukan penandatanganan kerjasama antara pelaku usaha dalam bidang industri bersama Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri. Acara ini juga diisi dengan paparan materi dari berbagai narasumber, seperti Kabid Perencanaan dan Pengembangan DPMPTSP Provinsi Jambi dan Pimpinan Bank Jambi Cabang Sarolangun Ridwan, dengan topik kemitraan antara pelaku usaha, kelompok tani, koperasi, dan UMKM. (IKP-KOMINFO)