img
Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri Buka Bimtek Hukum Kontrak, Tugas PPK, PPTK, Tim Teknis Serta Pengawasan Pekerja Konstruksi
  • BOB
  • March 06, 2024
  • Pengunjung (62)

SAROLANGUN - Penjabat Bupati Sarolangun, Dr. Ir. Bachril Bakri, M.App, Sc, secara resmi membuka kegiatan Bimbingan Teknis/Sosialisasi Hukum Kontrak untuk Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK), Tim Teknis, serta Pengawasan Pekerja Konstruksi, di Aula Golden Hotel Sarolangun pada Rabu (06/03/2024).

Acara ini turut dihadiri oleh Penjabat Sekretaris Daerah Sarolangun, Ir. Dedy Hendry, M.Si, Kadis PUPR Sarolangun Arif Hamdani, ST, Sekretaris Dinas PUPR Sarolangun Zainul Arifin, ST, Kabid Program Guldoi Aprianto, ST, serta narasumber dari Direktorat Penanganan Permasalahan Hukum LKPP dan BPJN Jambi. Hadir pula sejumlah pejabat, PPK, PPTK, tim teknis, dan pengawas pekerja konstruksi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sarolangun.

Dalam laporan kegiatan, Kadis PUPR Sarolangun Arif Hamdani menjelaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, yakni tanggal 6 hingga 7 Maret 2024, dengan melibatkan sekitar 100 peserta dari berbagai instansi terkait di Sarolangun.

Tujuan kegiatan ini adalah memberikan bimbingan teknis kepada pelaku jasa konstruksi yang beroperasi di bawah Pemerintah Daerah Kabupaten Sarolangun. Hal ini bertujuan agar seluruh pejabat PPK, PPTK, tim teknis, dan pengawas pekerja konstruksi mampu memahami hukum kontrak, fungsi dan tugas pengelolaan keuangan daerah, serta pengendalian dan pengawasan pekerjaan konstruksi.

"Kami berharap bahwa kegiatan ini dapat mencetak sumber daya manusia yang kompeten di bidang konstruksi, dan mampu meningkatkan peran serta mereka dalam pembangunan nasional melalui peningkatan kapasitas sumber daya manusia," ungkapnya.

Bachril Bakri, dalam pembukaan acara, menyampaikan ucapan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan Bimbingan Teknis/Sosialisasi Hukum Kontrak ini atas nama Pemerintah Daerah. Beliau berharap bahwa kegiatan ini akan memberikan kontribusi besar dalam meningkatkan kapasitas daya saing dan eksistensi sumber daya manusia di bidang konstruksi, sehingga hasil konstruksi yang dihasilkan menjadi semakin berkualitas.

Selanjutnya, Bachril Bakri menekankan pentingnya motivasi dan pengembangan kemampuan bagi para pekerja konstruksi, yang diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan bagi kemajuan Kabupaten Sarolangun.

"Konstruksi memegang peran strategis dalam pembangunan, yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu, pengetahuan tentang hukum kontrak dan tugas terkait lainnya sangat penting dalam pelaksanaan proyek konstruksi," tambahnya.

Bachril Bakri juga mengingatkan bahwa masih banyak kasus-kasus pengadaan barang dan jasa yang berujung pada masalah hukum, disebabkan oleh minimnya pengetahuan pejabat terkait dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab mereka. Oleh karena itu, kegiatan bimbingan teknis ini diharapkan dapat mengurangi potensi permasalahan di masa mendatang.

"Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan kapasitas dan kinerja pelaku jasa konstruksi, sehingga penyelenggaraan pekerjaan konstruksi dapat berjalan dengan tertib dan hasilnya bermanfaat bagi masyarakat," tutup Bachril Bakri. (IKP-KOMINFO)