img
Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri Bersama Kapolres Pimpin Apel Kebangsaan dan Deklarasi Pemilu Damai 2024
  • BOB
  • November 25, 2023
  • Pengunjung (111)

SAROLANGUN - Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc bersama Kapolres Sarolangun AKBP Imam Rachman, S.IK, memimpin langsung kegiatan apel kebangsaan dan deklarasi pemilu damai tahun 2024, Sabtu (25/11/2023) di lapangan Mapolres Sarolangun.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Dandim 0420/Sarko diwakili Pabung mayor Inf Abdul Aziz, Ketua DPRD Sarolangun Tontawi Jauhari, SE, M.Pd, Plh Sekda Sarolangun Ir Dedy Hendry, M.Si, Kepala Kemenag Sarolangun Drs H M Syatar, Kakan Kesbangpol Sarolangun Hudri, M.Pd.I, Kasat Pol PP Sarolangun Drs Muhammad Idrus, Kejari Sarolangun, Ketua KPU Sarolangun Ahmad Mujaddid dan Bawaslu Kabupaten Sarolangun.

Selain itu hadir juga Ketua FKUB Sarolangun KH Rois Amin, Ketua LAM Jambi Sarolangun Helmi, SH, MH, Para pimpinan parpol, Ketua ormas, OKP dan Organisasi Kemahasiswaan serta personil TNI/Polri, Satpol PP Sarolangun, dan personil gabungan lainnya.

Dalam kegiatan tersebut, para stake holder terkait mulai dari tokoh masyarakat, penyelenggara pemilu, partai politik, relAwan, sayap partai, ormas, OKP dan mahasiswa mendeklarasikan sebagai berikut :

1. Siap menjaga Keutuhan Negara dan Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Hukum Konstitusi 1945.

2. Akan menjaga situasi Aman, Damai, Sejuk dan Bermartabat selama proses Pentahapan Pemilu Serentak Tahun 2024.

3. Membantu Panitia Penyelenggara Pemilu, Pemerintah, Tni dan Polri dalam mensukseskan Tahapan Pemilu Serentak 2024.

Pengucapan ikrar deklarasi pemilu damai 2024 oleh seluruh stake holder, penyelenggara dan peserta Pemilu 2024

4. Tidak melakukan tindakan yang melanggar hukum serta patuh terhadap ketentuan Peraturan Perundang-undangan, Aturan Kpu, Perda selama rangkaian Tahapan Pemilu Serentak 2024.

5. Mencegah segala bentuk tindakan Kejahatan, Tindakan Anarkis, tidak melakukan Penyebaran Ujaran Kebencian dan Hoax atas Dasar Sara Intoleransi Radikalisme Agama serta segala bentuk perbuatan yang dapat Memecah Belah Persatuan dan Kesatuan di Provinsi Jambi.

6. Mengutamakan kepentingan masyarakat, Bangsa dan Negara di atas kepentingan Kelompok dan Golongan demi terciptanya situasi Kamtibmas yang Kondusif selama Pemilu Serentak 2024.

Dalam amanatnya, Kapolres Sarolangun AKBP Imam Rachman mengatakan bahwa Negara indonesians yang dibangun atas dasar kesepakatan para pendiri Bangsa, diatas keberagaman Suku Bangsa, Ras dan Agama yang berkomitmen untuk mewujudkan bangsa yang besar dibawah Naungan Pancasila.

” Kondisi Persatuan bangsa Indonesia selalu menghadapi tantangan, salah satu tantangan nyata yang kita hadapi adalah Potensi Perpecahan di saat kita berada dalam suasana Kontestasi Pemilu,” katanya.

Dikatakan Kapolres, fakta dari Pemilu-pemilu sebelumnya, menunjukkan bahwa Fenomena Hoax, Politik Identitas dan Politik Adu Domba masih menjadi tantangan dan selalu mewarnai dalam setiap hingga saat ini Kontestasi Politik.

” Tapi hari ini, kita semua hadir di lapangan untuk melaksanakan Deklarasi sekaligus Apel Kebangsaan, Damai,dihadapan muncul rasa ini melaksanakan saudara-saudara optimisme yang sangat tinggi dalam diri saya, bahwa seluruh Peserta Apel yang hadir hari ini, baik dari unsur Partai Politik, Pimpinan Ormas, Relawan, Mahasiswa serta unsur lainnya akan menjadi perekat untuk persatuan kita, dengan semangat Kebangsaan dalam mengarungi Pesta Demokrasi Pemilu 2024 nanti,” katanya.

Perbedaan dalam suatu Proses Demokrasi adalah hal biasa, baik perbedaan Partai, perbedaan Pilihan Presiden, perbedaan pilihan Legislatif, merupakan suatu keindahan dan hal yang harus di syukuri. Iapun berharap setelah Deklarasi ini nanti diucapkan, ini akan menjadi komitmen semua pihak untuk mewujudkan kedamaian selama pelaksanaan Pemilu di Kabupaten Sarolangun.

” Diharapkan seluruh unsur yang terlibat dalam pelaksanaan Pemilu Tahun 2024 nanti dapat mengaplikasikan pernyataan Deklarasi ini sebagai landasan untuk menciptakan Pemilu yang Aman, Damai, Sejuk dan Bermartabat,” katanya.

Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri menandatangani komitmen bersama wujudkan pemilu damai 2024

Sementara itu, Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri mengatakan pada prinsipnya Pemerintah Daerah Kabupaten Sarolangun mengajak seluruh pihak terkait untuk sama-sama mewujudkan pemilu yang aman, sejuk dan bermartabat di Sarolangun.

” Kepada pihak terkait, penyelenggara pemilu, masyarakat, peserta pemilu, TNI/polri bisa bersama-sama menjaga situasi yang aman dan kondusif,” katanya.

Bachril Bakri juga meminta masyarakat untuk menggunakan media sosial dengan baik dan bijak, tidak menyebar berita hoax, ujaran kebencian, serta tidak menyebarkan kekerasan, namun melainkan harus bisa menimbulkan kesejukan di tengah lingkungan masyarakat.

” Kami berharap juga pemilu kepada pihak-pihak jangan memicu terjadinya keributan, yang mengganggu keamanan, pilihan berbeda itu biasa. Saya Menilai Apel kegiatan ini merupakan sebuah kegiatan yang sangat luar biasa untuk mensukseskan pemilu tahun 2024,” katanya.

Dalam rangka pemilu, Bachril Bakri juga mengharapkan agar menjaga pemilu dengan profesional, perbedaan pemilu itu hanya biasa demi bangsa dan negara.

” Kami berharap di pemilu tahun 2024 kita bisa menjaga netralitas seperti TNI/Polri dan ASN dan sama sama kita menjaga pemilu sehingga menciptakan pemilu yang sejuk aman dan damai,” katanya.

Poto bersama

Dalam kegiatan tersebut, PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri, Kapolres Sarolangun AKBP Imam Rachman, jajaran forkompinda, penyelenggara pemilu, peserta pemilu, ormas, OKP dan kemahasiswaan, melakukan penandatangan komitmen bersama untuk mewujudkan pemilu yang aman, damai, sejuk dan bermartabat. (IKP-KOMINFO)