img
Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri Bersama Gubernur Jambi Tanam Padi Sawah Di Desa Lubuk Sayak
  • BOB
  • July 23, 2024
  • Pengunjung (158)

SAROLANGUN - Penjabat Bupati Sarolangun, Dr. Ir. Bachril Bakri, M.App.Sc, mendampingi Gubernur Jambi, Dr. H. Alharis, S.Sos, MH, dalam kegiatan tanam padi sawah perdana di Desa Lubuk Sayak, Kecamatan Pelawan, Selasa (23/07/2024). Kegiatan ini merupakan upaya pemerintah untuk menekan dan mengendalikan inflasi daerah serta menjaga stabilitas pangan di Kabupaten Sarolangun khususnya dan Provinsi Jambi umumnya.

Acara tersebut dihadiri oleh Ketua DPRD Sarolangun, Tontawi Jauhari, SE, M.Pd, Kapolres Sarolangun, AKBP Budi Prasetya, S.IK, M.Si, Dandim 0420/Sarko, Letkol Inf Suyono, S.Sos, PJ Sekda Sarolangun, Ir. Dedy Hendry, M.Si, Kadis TPHP Provinsi Jambi, dan para kepala OPD di lingkungan Pemprov Jambi. Selain itu, hadir pula para asisten dan staf ahli Bupati Sarolangun, Kadis TPHP Sarolangun, Dulmuin, SP, para kepala OPD di lingkungan Pemkab Sarolangun, unsur Tripika Kecamatan, serta para kelompok tani setempat.

Penjabat Bupati Sarolangun, Bachril Bakri, menyampaikan ucapan selamat datang dan terima kasih kepada Gubernur Jambi, Dr. H. Alharis, S.Sos, MH, beserta rombongan. "Penanaman padi sawah ini sudah mulai dilakukan oleh para petani di Sarolangun, khususnya di wilayah Kecamatan Pelawan. Dengan penanaman ini, nantinya akan bisa menghasilkan produksi padi untuk memenuhi kebutuhan beras di wilayah Kecamatan Pelawan, sehingga dapat mengendalikan inflasi serta menekan harga beras di pasar," ujar Bachril Bakri.

Bachril Bakri juga meminta kepada para camat dan kepala desa untuk melaksanakan program ketahanan pangan dengan menanam padi sawah, cabai, cabai rawit, dan bawang merah guna mewujudkan kemandirian pangan di Kabupaten Sarolangun.

Gubernur Jambi, Alharis, mengatakan bahwa Pemerintah Provinsi Jambi berupaya untuk fokus dalam menguatkan pangan di berbagai daerah di wilayah Provinsi Jambi, salah satunya dengan menanam padi sawah bersama kelompok tani di Desa Lubuk Sayak. "Saya bersama bapak PJ Bupati, ketua DPRD, Dandim, dan Kapolres melakukan tanam padi perdana hari ini dan memberikan beberapa bantuan kepada masyarakat langsung kepada Gapoktan. Tujuannya adalah kita fokus menguatkan pangan kita dengan memberikan bantuan yang bisa meningkatkan produksi pangan kita," jelas Alharis.

Alharis juga memberikan dukungan penuh kepada para petani untuk meningkatkan hasil produksi serta memperluas jaringan areal persawahan. Dukungan ini diwujudkan dengan pemberian bantuan kepada kelompok tani.

"Kita juga mendukung percepatan produksi yang menyebar di beberapa wilayah daerah di Provinsi Jambi ini. Kita berharap petani kita bisa menambah produksinya dan memperluas jaringan sawahnya. Ke depan, Jambi, insya Allah, akan kuat pangan jika kita semua bersatu," tambah Alharis.

Dalam kegiatan tersebut, Gubernur Jambi, Alharis, memberikan bantuan sarana dan prasarana pertanian kepada para kelompok tani berupa bantuan irigasi perpompaan sebanyak 8 unit dan bantuan irigasi perpipaan sebanyak 6 unit. Alharis juga melakukan dialog interaktif untuk menyerap keluhan dan masukan dari masyarakat serta kelompok tani. (IKP-KOMINFO)