img
Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri Bersama Forkopimda Lepas 15 Ribu Benih Ikan Di Sungai Dam Kutur
  • BOB
  • June 12, 2024
  • Pengunjung (193)

SAROLANGUN - Dalam rangkaian kegiatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tingkat Kabupaten Sarolangun tahun 2024, Penjabat Bupati Sarolangun Dr. Ir. Bachril Bakri, M.App, Sc bersama jajaran forkopimda Sarolangun melakukan pelepasan benih ikan nilem di sungai Dam Kutur, Desa Monti, Kecamatan Limun, pada Rabu (12/06/2024). 

Acara ini dihadiri oleh Anggota DPRD Sarolangun Drs. H. Fahrul Rozi, Kapolres Sarolangun AKBP Budi Prasetya, Dandim 420/Sarko Letkol Inf Suyono, Ketua PN Sarolangun Deka Diana, Plh Sekda Sarolangun Ir. Dedy Hendry, Kadis LH Sarolangun Kurniawan, dan Kadis Peternakan dan Perikanan Dulmuin, SP.

Kegiatan ini merupakan bagian dari program restocking ikan yang bertujuan untuk konservasi sumber daya perairan sungai di wilayah Kabupaten Sarolangun. Kadisnakan Sarolangun, Dulmuin, menjelaskan bahwa sebanyak 15 ribu benih ikan disiapkan untuk ditabur di dua lokasi: perairan sungai di Desa Monti, Kecamatan Limun, dan perairan sungai di Desa Payo Lebar, Kecamatan Singkut. "Ini dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia dengan tujuan membangun desa bebas dari aktivitas Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI) serta pelestarian ekosistem sungai," katanya.

Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri berharap kegiatan restocking ini dapat memberikan dorongan bagi masyarakat untuk menjaga dan melestarikan sumber daya perikanan di sungai Dam Kutur, serta meningkatkan populasi ikan guna menjaga ketersediaan sumber gizi protein bagi masyarakat. "Dalam Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Sarolangun, kita juga menabur benih ikan nilem sebanyak 15 ribu ekor yang nantinya akan bermanfaat bagi masyarakat," ujarnya.

Bachril Bakri juga mengajak masyarakat untuk turut serta dalam menjaga potensi perikanan di wilayah Kecamatan Limun dengan tidak merusak lingkungan dan sumber daya alam yang ada. (IKP-KOMINFO)