img
Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri Bakal Bangun Tugu Biduk Ikon Baru Kota Sarolangun
  • BOB
  • May 31, 2024
  • Pengunjung (236)

SAROLANGUN - Penjabat Bupati Sarolangun, Dr. Ir. Bachril Bakri, M.App, Sc, dalam masa perpanjangan kepemimpinannya, berencana membangun sebuah ikon baru bagi kota Sarolangun berupa Tugu Biduk. Pembangunan ini akan berlokasi di pinggiran Sungai Batang Tembesi, kawasan Ancol Sarolangun, dan dijadwalkan untuk dilakukan pada tahun 2024.

Saat meninjau lokasi rencana pembangunan Tugu Biduk pada Jumat, 31 Mei 2024, Bachril Bakri didampingi oleh Analis Senior Formalitas dan Komunikasi SKK Migas Perwakilan Sumbagsel, Darwensi, Plh Sekda Sarolangun, Ir. Dedy Hendry, M.Si, dan beberapa pejabat lainnya. Turut hadir juga Kepala DPMPTSP Sarolangun, Sahrudin Muis, Kadis LHD Sarolangun, Kurniawan, ST, Sekretaris Bappeda Sarolangun, Hj. Maria Susanti, Kadis Sosial Sarolangun, Helmi, SH, beserta sejumlah OPD terkait dan forkopimda Sarolangun serta pihak perusahaan SRMD.

Bachril Bakri menjelaskan kepada media bahwa pembangunan Tugu Biduk ini didasari oleh sejarah dan tradisi masyarakat Sarolangun yang telah menggunakan biduk dalam aktivitas sehari-hari, termasuk dalam tradisi balumbo biduk saat Hari Raya Idul Fitri. 

"Ini adalah sejarah tersendiri bagi Sarolangun, di mana lomba biduk merupakan bagian dari tradisi saat lebaran. Dengan dibangunnya Tugu Biduk, kami berharap ini bisa menjadi ikon baru dan daya tarik wisata bagi kawasan Ancol Sarolangun, yang sudah menjadi objek wisata kuliner di wilayah kota, terutama pada sore dan malam hari," ujarnya.

Bachril Bakri juga berharap bahwa Tugu Biduk dapat menjadi tempat wisata yang menarik pengunjung ke Kabupaten Sarolangun. Proyek ini akan didukung oleh SKK Migas dan CSR dari perusahaan lain. "Tahun ini, Tugu Biduk harus selesai dibangun. Kami juga melihat kondisi jalan yang rusak, yang telah diperbaiki dan akan diaspal kembali oleh balai jalan," tambahnya.

Selain meninjau rencana lokasi pembangunan Tugu Biduk, Bachril Bakri dan rombongan juga meninjau pelaksanaan kegiatan perbaikan jalan di Jembatan Batang Tembesi, yang dikerjakan oleh balai jalan nasional. Peninjauan ini menunjukkan komitmen Pemerintah Kabupaten Sarolangun untuk meningkatkan infrastruktur dan daya tarik wisata di daerah tersebut, sekaligus memperbaiki sarana transportasi bagi masyarakat. (IKP-KOMINFO)