img
Pj Bupati Bachril Bakri Hadiri Rakor Karhutla Bersama BNPB Tahun 2023 di Jambi

SAROLANGUN - Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri, hadiri Rapar Koordinasi Karhutla bersama Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI. Suharyanto, yang berlangsung di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi, Selasa (18/7/2023).

Pada Rakor itu, Gubernur Jambi Al Haris menyampaikan, bahwa untuk Satuan tugas (Satgas) karhutla Provinsi Jambi perlu arahan dan bimbingan terkait penanganan karhutla.

“Kami perlu petunjuk, arahan dan bimbingan dari Kepala BNPB terkait penanganan karhutla di Provinsi Jambi,” ujar Gubernur Al Haris.

Ia mengungkapkan, saat ini kondisi Provinsi Jambi cukup baik, seluruh tim di lapangan berjibaku dalam melakukan pencegahan. Antisipasi ini dilakukan, agar kejadian di tahun-tahun sebelumnya terulang kembali. 

"Untuk saat ini Karhutla di Provinsi Jambi masih cukup baik, karena memang Tim Kathutla dilapangan sangat antusias dan proaktif dalam melakukan pencegahan," ujarnya

Sementara itu, Kepala BNPB Letjen. Suharyanto dalam arahannya menjelaskan, perubahan iklim merupakan fenomena yang mengerikan.

“Perubahan iklim itu paling ditakuti oleh semua negara, dan perubahan iklim merupakan penyebab peningkatan frekuensi bencana secara drastis,” ucapnya

Lanjutnya, dalam satu bulan terakhir Provinsi Jambi memiliki total 490 hotspot. Titik panas terbanyak berada di Kabupaten Tanjung Jabung Barat,” tuturnya.

Ia berpesan, kepada seluruh Kepala BPBD Kabupaten/Kota se- Provinsi Jambi untuk terus bergerak secara masif. Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) harus dilakukan secara masif. 

Untuk mengoptimalkan kinerj, Kepala BNPB juga menyerahkan bantuan alat berupa mesin pompa, nozzle, selang, flexible tank dengan kapasitas 5.000 L serta perlengkapan APD guna mendukung operasi melalui jalur darat.

Selain itu, saat ini BNPB telah menyediakan pesawat helikopter sebanyak 6 unit guna membantu penanganan karhutla melalui jalur udara.

Rakor Karhutla ini dipandu secara langsung oleh Gubernur Jambi Dr. H. Al Haris, S.Sos, MH serta dihadiri Ketua DPRD Provinsi Jambi, Kapolda Jambi, Danrem 042/Garuda Putih, Kepala Kejaksaan Tinggi Jambi dan Pemerintah Kabupaten/Kota serta Kepala OPD di lingkup Pemerintah Provinsi Jambi. (*)