img
Pj Bupati Bachril Bakri Hadiri Festival Candi Muaro Jambi Tahun 2023
  • BOB
  • July 30, 2023
  • Pengunjung (202)

SAROLANGUN - Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, SC, menghadiri kegiatan pembukaan Festival Candi Muara Jambi yang dibuka oleh Gubenur Jambi Dr Alharis, S.Sos, MH, Minggu (30/07/2023) di Desa Pematang Jering, Kecamatan Jambi Luar Kota Jaluko, Kabupaten Muaro Jambi.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Pj Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah, SH, MH, para Bupati/Wakil Bupati se-Provinsi Jambi, Para Kepala OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi dan masyarakat serta tamu undangan lainnya.

Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri mengucapkan selamat atas terlaksananya kegiatan festival candi Muaro Jambi ini dalam rangka mendorong pengembangan UMKM untuk lebih maju lagi dengan produk unggulan daerah.

” Hari ini kita menghadiri Festival Candi Muaro Jambi, ini sangat luar biasa bagaimana upaya untuk mempromosikan daerah khususnya Muaro Jambi serta mengembangkan UMKM bagi masyarakat sehingga dikenal masyarakat luas,” katanya.

Bachril Bakri juga menyebutkan bahwa Festival Muaro Candi Muaro Jambi ini untuk pertama kalinya dilakukan di Desa Pematang Jering, yang biasanya selama ini digelar oleh Pemerintah Kabupaten Muaro Jambi di Candi Muaro Jambi.

Sementara itu, Penjabat Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah juga mengucapkan terima kasih atas kehadiran Gubernur Jambi Al Haris yang membuka secara langsung kegiatan festival Candi Muaro Jambi ini.

Dikatakannya, Festival Candi ini dalam rangka mempromosikan produk-produk lokal khususnya hasil olahan ikan, pasalnya Desa Pematang Jering ini merupakan salah satu tempat di Provinsi Jambi yang memiliki banyak ketersediaan pakan ikan dan ikan.

” Festival Candi Muaro Jambi ini kita rangkai dengan kegiatan senam bersama, gerak jalan, lomba produk ikan, promosi wisata candi. Ini pertama kali kita lakukan di Pematang Jering, dimana hampir 17 tahun biasanya kita lakukan di candi Muaro Jambi di Muaro sebo, harapannya biar bisa dikenal masyarakat luas baik level Provinsi maupun level nasional,” katanya.

Sementara itu, Gubenur Jambi Al Haris juga mengapresiasi persiapan pelaksanaan kegiatan festival Candi Muaro Jambi ini yang berjalan dengan sukses. Namun, ia penuh berharap kegiatan ini dapat membangkitkan kembali semangat masyarakat untuk mengembangkan usaha UMKM dengan produk unggulan khas daerah, sehingga festival candi ini bukan hanya dalam mempromosikan budaya dan sejarah semata.

” Ini dijadikan momentum untuk menggerakkan UMKM kita, kita lihat ada khas masakan daerah yang dikenal serba ikan, ini penting saya kira. Produk unggulan ini bisa kita promosikan lewat aplikasi, tinggal menu saja kita buat sedemikian baiknya, jadi masyarakat bisa pesan makanan lewat aplikasi dan itu bisa mengangkat ekonomi masyarakat kita,” katanya. (*)