img
Peringatan HKN Ke-59 Tahun 2023, Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri Harap Peningkatan Pelayanan Kesehatan
  • BOB
  • November 27, 2023
  • Pengunjung (89)

SAROLANGUN - Pemerintah Kabupaten Sarolangun melaksanakan puncak peringatan  Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang ke-59 tahun 2023, Senin (27/11/2023) di Lapangan Gunung Kembang, Komplek Perkantoran Bupati Sarolangun.

Puncak peringatan HKN ini dihadiri langsung Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc, Deputi Direktur BPJS Kesehatan Drs Edi Santoso, Plh Sekda Sarolangun Ir Dedy Hendry, M.Si, Kajari Sarolangun Zulfikar Nasuiton, SH, MH, Kabag OPS Polres Sarolangun Kompol A. Bastari Yusuf, SH Kepala Kemenag Sarolangun Drs H M. Syatar dan TP PKK Sarolangun.

Selain itu hadir juga Kadinkes Sarolangun Bambang Hermanto, SE,MM, Para kepala OPD di lingkungan Pemkab Sarolangun, direktur RSUD Sarolangun Bambang Hermanto, M.Kes, Para Kepala puskesmas, para tenaga kesehatan, Pimpinan Bank 9 Jambi Cabang Sarolangun, para kader posyandu, para bidan dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc

Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri mengatakan dalam momentum hari Kesehatan Nasional ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Kabupaten Sarolangun sebagaimana tema HKN Tahun 2023 Transformasi kesehatan untuk Indonesia maju.

” Artinya bagaimana perubahan peningkatan pelayanan kesehatan di kabupaten Sarolangun, dan hari ini adalah puncak peringatan, Minggu lalu sudah disampaikan pidato Mentri kesehatan,” katanya.

Bachril Bakri juga menjelaskan kedepan juga tentunya diharapkan kualitas kesehatan di Kabupaten Sarolangun dapat semakin baik sehingga berdampak terhadap rasio rata-rata angka harapan hidup Di Kabupaten Sarolangun.

Saat ini rata-rata angka harapan hidup di Kabupaten Sarolangun masih sebesar 69,64 tahun, dimana angka itu dibawah rata-rata provinsi Jambi sebesar 71,21 tahun dan rata-rata nasional 72,32 tahun.

” Indikator angka harapan hidup paling tinggi di suatu daerah apabila di daerah ini memiliki pelayanan kesehatan yang baik, dan kami harapkan peningkatan pelayanan oleh satuan kerja rumah sakit dan puskesmas di Kabupaten Sarolangun,” katanya.

Poto bersama dengan kader posyandu berprestasi di Kabupaten Sarolangun

Selain itu, Bachril Bakri juga menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk meningkatkan kesehatan dengan berolahraga secara teratur, rutin melakukan pemeriksaan kesehatan dan menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

” Dengan olahraga teratur bisa meningkatkan kesehatan dan usia kita, dan harapan hidup dengan umur yang panjang itu mendapatkan kita hidup sehat. Maka saya menghimbau selalu menjaga kesehatan, rajin berolahraga, kontrol kesehatan,” katanya.

” Kami juga menghimbau juga kepada masyarakat untuk selalu rutin mengecek kesehatan ke posyandu.  Kesehatan itu adalah pelayanan wajib dasar yang dilakukan oleh Pemerintah, dari enam pelayanan wajib dasar,” kata dia menambahkan.

Disamping itu juga, melalui peringatan hari kesehatan Nasional juga dalam rangka mengevaluasi bagaimana keberhasilan transformasi kesehatan yang dilakukan oleh kementrian kesehatan di Kabupaten Sarolangun, dimana tujuan hari kesehatan Nasional untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan, melakukan evaluasi pelayanan kesehatan, sarana prasaran dan tenaga kesehatan.

” Meningkatkan kesadaran dan pengetahuan tentang isu kesehatan dan meningkatkan kesadaran masyarakat berapa pentingnya dalam meningkatkan kesehatan,” katanya.

Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri didampingi forkompinda, Kadinkes Sarolangun Bambang Hermanto melepas balon peringatan HKN Ke-59

Dalam kegiatan tersebut, Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Bakri juga menyerahkan pin penghargaan kepada kader posyandu terbaik di kabupaten sarolangun, pelepasan balon peringatan HKN Ke-59, penyerahan doorpirze hadiah utama berupa kulkas dan sepeda kepada peserta undian yang beruntung dan diakhiri dengan poto bersama dan lomba memasak untuk makanan tambahan bagi anak stunting. (IKP-KOMINFO)