img
Penjabat Bupati Sarolangun Bachril Sidak Ke Pasar Atas Sarolangun
  • MI2
  • December 13, 2023
  • Pengunjung (135)

SAROLANGUN –Menjelang perayaan Natal tahun 2023 dan menyambut Tahun Baru 2024, Penjabat Bupati Sarolangun Dr Ir Bachril Bakri, M.App, Sc melakukan inspeksi mendadak (Sidak) Ke Pasar atas Sarolangun, Rabu (13/12/2023).

Hal itu bertujuan untuk memantau serta mengantisipasi kenaikan harga sembako dalam rangka pengendalian inflasi daerah.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Pj Sekda Sarolangun Ir Dedy Hendry, M.Si, Staf Ahli Bupati H Juddin, S.Ag, Kadis Perindag, UMKM dan koperasi Sarolangun Drs Muslihadi, Kabag Ekonomi Davidman dan Kabag Umum Murtoyo, M.Pd.

Dari pantauan dilapangan, tampak PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri beserta jajaran melakukan pemantauan harga sembako dengan mendatangi langsung ke berbagai pedagang, diantaranya cabe merah, tekor, beras, gula pasir, minyak dan sembako lainnya.

Kepada media ini, PJ Bupati Sarolangun Bachril Bakri mengatakan bahwa dari sidak tersebut sejumlah Harga komoditi dan sembako terpantau relatif stabil dan normal, hanya saja untuk cabe merah masih relatif tinggi dengan harga Rp 55 ribu sampai Rp 60 ribu per kilogramnya.

”  Hari ini kita bersama tim kita dari SKPD dan sekda melihat langsung harga sembako di pasar atas Sarolangun khususnya cabe, karena kita memang cabe sangat tinggi pengaruhnya perkembangan harga dan inflasi. Sebagian ada yang sudah turun, masih sekitar Rp 55 ribu sampai Rp 60 ribu, kita harapkan bagaimana harga cabe tidak terlalu tinggi,” katanya.

Pj Bupati Sarolangun Bachril Bakri saat mengecek stock beras di pasar atas Sarolangun

Untuk mengantisipasi harga cabe, Bachril Bakri meminta camat serta kepala desa untuk mendorong masyarakat dalam menggerakkan penanaman cabe dengan memanfaatkan pekarangan rumah ataupun dibatas lahan masyarakat.

” Kita minta masyarakat dan para camat dan kepala desa mendorong masyarakat untuk menggerakkan penanaman cabe di wilayah masing-maisng,” katanya.

Selain itu, sidak tersebut juga dalam rangka mengecek ketersediaan pangan dan stok beras yang ada di pasar Sarolangun menjelang natal tahun 2023 dan tahun Baru 2024.

” Kita melihat stok beras dalam kondisi baik dan harga beras juga stabil, begitu juga gula dan terong, dan kita harapkan tidak terjadi gejolak yang tinggi harga sembako di pasar Sarolangun,” katanya.

(IKP-DISKOMINF0)